Kompas.com - 20/08/2021, 15:35 WIB
Ilustrasi ASI perah, air susu ibu, manfaat ASI pada bayi baru lahir. shutterstockIlustrasi ASI perah, air susu ibu, manfaat ASI pada bayi baru lahir.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pemberian Air Susu Ibu (ASI) tidak hanya bermanfaat bagi anak, tapi juga bermanfaat bagi ibu menyusui dalam menurunkan risiko kanker.

Hal itu disampaikan Dosen dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran UI, Rina Agustina melansir laman UI, Jumat (20/8/2021).

Baca juga: Nadiem Makarim: 2 Fokus Kemendikbud Ristek di Masa Pandemi Covid-19

"Pemberian ASI sangat penting, selain bermanfaat bagi perkembangkan untuk otak dan kognitif bayi, kekebalan tubuh dan mencegah obesitas bayi, bisa bermanfaat juga menurunkan risiko terjadi kanker payudara dan kanker ovarium bagi ibu menyusui," kata dia.

Mengacu pada rekomendasi World Health Organization (WHO) dan hasil beberapa studi lainnya, pemberian ASI eksklusif harus dilakukan minimal hingga enam bulan sejak kelahiran anak.

Namun, dia menemukan suatu tantangan yang cukup berat yaitu cakupan pemberian ASI eksklusif di Indonesia.

Saat ini masih sangat rendah hanya 34 persen atau hanya satu dari tiga ibu di Indonesia yang berhasil memberikan ASI eksklusif bagi bayi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menuturkan beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya cakupan ASI eksklusif di Indonesia, seperti sang ibu merasa sudah waktunya untuk menghentikan pemberian ASI pada bayi dan ASI yang dihasilkan oleh ibu dirasa kurang sehingga harus memberikan nutrisi tambahan.

Kemudian, ibu merasa sudah lelah dan sering jatuh sakit, hingga kembali mengalami kehamilan yang lebih cepat dari jadwal seharusnya.

Hasil studi lain juga menjelaskan faktor tantangan dalam pemberian ASI ekslusif, yaitu inisiasi menyusui dini (IMD) yang tidak berjalan dengan baik, adanya ajakan atau rayuan dari iklan dan lingkungan sekitar untuk mengganti ASI dengan susu formula buatan pabrik.

Baca juga: Jokowi: Jika Sudah PTM, Pelajar Jangan Lupa Prokes

Lalu, kurangnya fasilitas penunjang di tempat kerja bagi ibu menyusui juga menjadi tantangan, khususnya bagi wanita karir.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.