Kompas.com - 16/08/2021, 16:18 WIB
Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menciptakan inovasi berupa granul effervescent buah ciplukan dengan pemanis alami gula semut. Tangkap layar laman UnsoedMahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menciptakan inovasi berupa granul effervescent buah ciplukan dengan pemanis alami gula semut.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kabupaten Banyumas merupakan salah satu sentra penghasil gula kelapa. Melihat potensi ini, para mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) membuat suatu inovasi dengan memanfaatkan potensi keberadaan gula semut.

Gula semut atau palm sugar merupakan gula merah versi serbuk atau kristal yang dihasilkan pepohonan keluarga palem.

Hasil survei peneliti Unsoed melaporkan kurang lebih 200 unit usaha gula semut tersebar di Kecamatan Cilongok dan Sumbang.

Bahkan, gula semut telah diekspor hingga ke negara-negara di Eropa, Timur Tengah, dan Amerika.

Baca juga: Dosen UNY Ciptakan Alat Dorong Efektivitas Produksi Batik Tulis

Manfaatkan buah ciplukan dan gula semut

Potensi gula semut ini dapat dijadikan alternatif pemanis alami untuk berbagai bentuk sediaan farmasi.

Di tangan para mahasiswa Unsoed, gula semut yang termasuk kearifan lokal Banyumas ini diramu dengan buah ciplukan menjadi formula granul effervescent.

Inovasi ini merupakan ide gagasan dari tiga mahasiswa jurusan Farmasi yaitu Faradina Qorina Nadzif, Zahrah Noor Rafyda, dan Rini Dwi Puspitasari. Mereka dibimbing langsung oleh dosennya Harwoko.

Gagasan ini juga diikutsertakan dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Riset Eksakta (PKM-RE) yang mendapatkan pendanaan dari Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek) pada Mei 2021.

Baca juga: Tertarik Kuliah di Vietnam Gratis? Buruan Daftar Beasiswa TDTU

Ketua tim Faradina menerangkan, granul effervescent adalah sediaan seperti serbuk yang berupa campuran senyawa asam dan basa.

Bila ditambahkan air, granul ini akan bereaksi membebaskan karbon dioksida, sehingga menghasilkan buih yang memberi rasa segar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.