Kompas.com - 16/08/2021, 11:44 WIB

KOMPAS.com - Kabar gembira jelang peringatan HUT ke-76 RI kembali datang dari prestasi siswa Indonesia di kompetisi internasional. Empat siswa Indonesia meraih medali International Geography Olympiad (IGEO) ke 17 yang diselenggarakan di Turki.

Pelaksanaan Geography Olympiad dilakukan secara online di negaranya masing masing mengingat masih adanya lonjakan kasus covid 19 di Sebagian besar negara di dunia.

Dalam olimpiade geografi siswa yang belangsung 10-16 Agustus 2021, Indonesia mengirimkan empat peserta siswa SMA yang diperoleh hasil seleksi kompetisi prestasi tingkat kabupaten/kota, propinsi, dan Nasional.

Kompetisi tahun ini diikuti 46 negara di seluruh dunia dengan total peserta sejumlah 179 siswa.

Persiapan dan pelaksanaan pendampingan peserta dilaksanakan oleh Tim Olimpiade Geografi Indonesia (TOGI) dalam rangka menjalankan Tugas dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek.

Hasil kompetisi yang sangat ketat diumumkan pada tanggal 15 Agustus 2021 pukul 20.00 WIB, para pemenang International Geography Olympiad di mana tim Indonesia memperoleh raihan 2 medali perak dan 2 medali perunggu

Para siswa yang meraih prestasi membanggakan dalam IGeO 2021 adalah:

  • Rubens Phenola Setiawan (SMAN 3 Yogyakarta): Medali Perak
  • Gammanda Adhny El Zamzamy Latief (SMAN 1 Pamekasan): Medali Perak
  • Pradipta Jati Widipratama (SMAN 34 Jakarta): Medali Perunggu
  • Jescenia Prima Diani (SMAN 2 Tangerang Selatan): Medali Perunggu

Baca juga: Kado Istimewa HUT ke-76 RI, Devon dan Mischka Raih Prestasi Medali Olimpiade Matematika Internasional

Berprestasi di masa PPKM

Berhubung kondisi di Indonesia akibat pandemi Covid-19 dan Pemerintah menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sampai 16 Agustus 2021, maka Pelaksanaan kompetisi IGeo 2021 di Indonesia dilakukan secara daring.

Kompetisi dilaksanakan tersebar di masing-masing sekolah tempat siswa peserta berada, yaitu SMAN 3 Yogyakarta, SMAN 1 Pamekasan, SMAN 34 Jakarta, dan SMAN 2 Tangerang Selatan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.