Kompas.com - 16/08/2021, 11:20 WIB
Asesmen Nasional 2021 Dok. KemendikbudAsesmen Nasional 2021
|

KOMPAS.com - Tidak lama lagi, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) akan segera dilaksanakan. Bagi siswa apakah sudah paham asesmen ini?

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Senin (16/8/2021), ANBK adalah sebuah evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.

Nantinya, ANBK bakal digelar dalam dua moda. Yakni ANBK online dan moda semi-online. Berikut ini perbedaan ANBK online dan semi-online.

Baca juga: Bagian Mata dan Fungsinya, Info bagi Siswa

ANBK online

ANBK pada moda online haruslah memiliki akses internet yang stabil bagi komputer client. Bandwidth yang disarankan untuk melaksanakan ANBK moda online ialah 12 Mbps per 15 komputer client.

Selain komputer client, ANBK online juga harus mempunyai sebuah komputer proktor yang berguna untuk membuka token.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada ANBK moda online, masing-masing lokasi tes terdapat aplikasi Exambrowser proktor dan client.

Aplikasi ini akan berfungsi menampilkan layar tes secara penuh tanpa navigasi dan mencegah peserta berpindah ke aplikasi lainnya.

Aplikasi Exambrowser proktor dan client langsung terhubung dengan server pusat Pusmenjar (Pusat Asesmen dan Pengajaran).

Baca juga: Siswa, Ini Bagian Jantung dan Fungsinya

Karena semua data langsung diakses dari server pusat, komputer proktor tidak perlu melakukan sinkronisasi data terlebih dahulu sebelum pelaksanaan tes.

ANBK semi-online

Berbeda dengan ANBK online, pada ANBK semi-online komputer client tidak memiliki akses internet secara langsung. Komputer client nantinya akan terhubung dengan komputer proktor yang memiliki akses internet.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.