Kompas.com - 27/07/2021, 12:38 WIB
Informasi mengenai Rumah Sehat 1 dan 2 dari UNS, sebagai bentuk kepedulian UNS bagi pasien Covid di sekitar kampus UNS. DOK.UNSInformasi mengenai Rumah Sehat 1 dan 2 dari UNS, sebagai bentuk kepedulian UNS bagi pasien Covid di sekitar kampus UNS.
|

KOMPAS.com - Berbagai upaya telah dilakukan guna menekan angka Covid-19 di Indonesia. Seperti kampanye 5 M serta Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Tak hanya itu saja, banyaknya masyarakat yang terkena Covid sampai saat ini mendorong kita untuk meningkatkan solidaritas sosial.

Juga masyarakat diajak untuk berbagi bersama dengan berbagai kegiatan empati sosial yang dilakukan oleh segenap komponen masyarakat.

Baca juga: Pimpin Shalat Idul Adha di Depan Rumah, Rektor UNS: Mari Kita Jogo Tonggo

Misalnya dari lingkup RT, RW, kalurahan serta menggalakkan pos-pos 'Jogo Tonggo' dan Jaga Desa, termasuk kepedulian dunia kampus dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Terkait hal itu, Universitas Sebelas Maret (UNS) tidak tinggal diam. Karena sejak awal pandemi Maret tahun lalu sudah menggalang aksi sosial dari para dosen dan tenaga kependidikan.

Wujudnya ialah rela menyisihkan uang remunerasi/ tunjangan dosen/ tunjangan guru besar/ uang makan dan lain-lain yang terkumpul hampir Rp 1 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho, uang itu digunakan untuk para mahasiswa, karyawan UNS dan masyarakat sekitar kampus yang terdampak pandemi Covid-19.

Adapun periode selanjutnya gerakan solidaritas sosial dan tolerensi UNS menghadapi Covid diteruskan sampai saat ini dengan pengumpulan donasi UNS Peduli Covid.

"Dengan mempertimbangkan makin meningkatnya Covid ini, UNS menginisiasi gerakan Rumah Sehat 1 di gedung Merc di komplek RS UNS dan Rumah Sehat 2 di gedung E asrama mahasiswa UNS Ngoresan, Jebres, Surakarta," terang Prof. Jamal kepada Kompas.com, Selasa (27/7/2021).

Baca juga: Jubir Satgas RS UNS: Indonesia Berada Gelombang Ketiga Covid-19

Dijelaskan, Rumah Sehat 1 untuk isolasi mandiri (isoman) yang sudah dioperasionalkan sejak akhir Januari 2021 memiliki kapasitas 180 tempat tidur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.