Kompas.com - 27/07/2021, 11:22 WIB
Ilustrasi makanan yang mengandung probiotik MAREKULIASZIlustrasi makanan yang mengandung probiotik

KOMPAS.com - Rutin mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan imun atau daya tahan tubuh di tengah pandemi dapat menjadi langkah sehat mencegah Covid-19.

Menurut hasil penelitian, makanan yang mempunyai pengaruh nyata terhadap peningkatan imunitas antara lain madu dan herbal yang merupakan sumber enzim dan senyawa aktif, makanan organik dan non-GMO, serta probiotik.

Dijelaskan, senyawa aktif yang ada pada herbal dapat dipecah menjadi lebih kecil oleh bantuan bakteri, sehingga tubuh lebih mudah menyerap nutrisi yang ada. Paduan dari ketiganya dengan fermentasi canggih menjadi "Probiotik Komunitas".

Baca juga: 10 Sarjana Tertua di Dunia, Bukti Pendidikan Tak Dibatasi Usia

Dosen Mikrobiologi FMIPA Unhas, Sulfahri menjelaskan lebih lanjut, berdasarkan uji molecular docking, senyawa-senyawa metabolit yang dihasilkan Probiotik Komunitas dapat menjadi kandidat terapi SARS-CoV2.

"Senyawa metabolit tersebut di antaranya Dibuthyl phthalate, Purpurin, 4-Methoxycinnamic acid, Cyclo(phenylalalnyl-prolyl), Linolenic acid ethyl ester, dan sebagainya," ujarnya dalam webinar bertajuk “Meningkatkan Imunitas di Masa Pandemi dengan Probiotik Komunitas” yang diadakan Ikatan Alumni ITB (IAITB), beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kunci penghambatan amplifikasi SARS-CoV2 dalam tubuh manusia, lanjut dia, ada di dua tempat yaitu permukaan dan dalam sel.

Pertama, dengan menghalangi pengikatan protein spike SARS-CoV2 pada reseptor ACE-2 yang terdapat pada permukaan paru dan gastrointestinal.

Penghalangan pengikatan terjadi karena daya ikat senyawa metabolit Probiotik Komunitas dengan reseptor ACE-2 lebih besar daripada ikatan protein S.

Kemudian jika protein S mampu berikatan dengan ACE-2 dan melepas RNA-nya dalam sel, RNA virus yang masuk berikatan dengan Dibutyl phthalate sehingga tidak dapat bereplikasi.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Protein kunci penghambatan amplifikasi RNA terletak pada 3CL-protease dan Covid-19 Polymerase. Senyawa aktif yang berikatan dengan dua protein kunci replikasi virus ini adalah Digalactosyl diglyceride, Purpurin, Trigalactosyl digyliceride, Kaemferol, dan Quercetin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.