Optimalkan Gaya Belajar agar Berhasil Belajar Daring

Kompas.com - 27/07/2021, 11:16 WIB
Ilustrasi belajar dari rumah DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi belajar dari rumah

Oleh: Agustina (Psikolog) I Denrich Suryadi (Psikolog) I Widya Risnawaty (Psikolog, Dosen Fakultas Psikologi, Universitas Tarumanagara)

KOMPAS.com - Dalam pembelajaran daring, para pendidik telah berupaya keras untuk melakukan penyesuaian cara pembelajaran, namun tidak dapat dipungkiri bahwa ada beberapa metode belajar yang terpangkas karena ketebatasan ruang virtual.

Pembelajaran daring ini telah berlangsung sekitar 3 semester dan diasumsikan bahwa para siswa sudah dapat menyesuaikan diri.

Namun berdasarkan survei yang dilakukan pada sekelompok siswa sekolah menengah atas diketahui bahwa tantangan yang masih harus dihadapi dalam pembelajaran daring adalah upaya untuk memahami materi yang disampaikan secara virtual (audio/video) secara lebih optimal.

Keberhasilan proses belajar ini dapat dicapai bila ditunjang dengan gaya belajar yang tepat.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Bagikan Tips Dampingi Anak Ikuti Belajar Daring

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

4 gaya belajar siswa

Apakah gaya belajar itu? Gaya belajar adalah cara khas yang dipilih oleh individu dalam mengumpulkan, menyerap, mengolah dan mengorganisir informasi yang ia peroleh dari lingkungan selama proses belajar (Fleming dalam Hawk & Shah, 2007).

Pada dasarnya cara belajar setiap siswa dapat berbeda -beda. Ada siswa yang lebih mudah memahami materi dengan cara membaca, tapi ada juga siswa lain yang lebih cepat paham dengan menonton video pembelajaran, atau dengan cara membuat skema.

Ada 4 gaya belajar yaitu Visual, Auditory, Read/Write, dan Kinesthetic, atau lebih dikenal dengan singkatan VARK (Othman & Amiruddin, 2010).

1. Gaya belajar "visual"

Pertama, siswa dengan gaya belajar visual biasanya merasa nyaman bila belajar dengan melihat konsep secara visual, membaca tabel, skema ataupun diagram.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.