Kompas.com - 17/07/2021, 10:30 WIB
Ilustrasi vaksinasi. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOIlustrasi vaksinasi.

KOMPAS.com - Pemerintah telah mengumumkan vaksinasi bagi anak dan remaja usia 12-17 tahun. Orangtua bisa mengajak putra-putrinya mengikuti vaksin di lokasi yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Dilansir dari laman Instagram Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta, alasan di balik perlunya vaksinasi pada anak dan remaja usia 12-17 tahun agar memberi perlindungan dari Covid-19.

"Vaksinasi Covid-19 buat anak dan remaja usia 12-17 tahun juga bisa memberikan perlindungan bagi tubuh, biar terhindar dari tertular virus ataupun kemungkinan sakit berat akibat Covid-19 dengan cara memicu sistem imun tubuh," tulis pengumuman tersebut.

Selain itu, dijelaskan juga bahwa kasus Covid-19 pada anak di Indonesia mengalami peningkatan. Bahkan, 1 dari 8 orang yang tertular virus corona adalah anak.

Baca juga: Spesialis Paru RSUI Jelaskan Gejala dan Penularan Varian Delta

Anak juga lebih rentan terkena virus, terutama varian delta (dari India). Virus yang masuk dalam tubuh anak juga bisa menjadi sumber penularan bagi orang dewasa.

Disdik DKI Jakarta juga menjelaskan bahwa kasus Covid-19 juga bisa menyebabkan anak mengalami Long Covid. Untuk itu, vaksin diharapkan bisa mencegah penyebaran dan juga munculnya mutasi virus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terakhir, alasan perlunya vaksinasi anak adalah sebagai persiapan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM). Sebab, melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau dari rumah memiliki risiko pada kemampuan belajar anak.

Dalan laman tersebut, Disdik DKI Jakarta juga meminta masyarakat menggunakan situs web corona.jakarta.go.id atau melalui super-app Jakarta Kini (JAKI) untuk mendaftar vaksinasi.

Syarat vaksinasi anak

Ada sejumlah syarat yang perlu diperhatikan orangtua. Melansir laman corona.jakarta.go.id, berikut persyaratan vaksinasi anak:

Baca juga: Peneliti IPB: Jahe, Kunyit, dan Temulawak Bisa Obati 30 Jenis Penyakit

1. Membawa fotokopi Kartu Keluarga

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.