Kompas.com - 17/07/2021, 10:26 WIB
Ilustrasi data Freepik/rawpixel.comIlustrasi data

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi diiringi dengan lahirnya era Revolusi Industri 4.0 menjadi lahan subur tumbuhnya perusahaan-perusahaan berbasis teknologi. Tak heran apabila Indonesia membutuhkan sekitar 17 juta anak muda untuk menjadi tenaga IT profesional pada 2030.

Sebuah laporan Linkedin menyebut, pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi data juga menjadi pekerjaan baru yang muncul dan akan terus berkembang.

Sayangnya, jumlah lulusan yang mengerti tentang dunia teknologi dan digital belum bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Sehingga peluang karier masih terbuka lebar untuk kamu yang akan memilih jurusan yang berkaitan dengan bidang IT.

World Economic Forum (WEF) telah merilis artikel terkait 10 profesi yang paling dibutuhkan di dunia kerja tahun 2025.

Baca juga: Bukan Lulusan IT, Guru Les Ini Sukses Alih Profesi Jadi Data Engineer

Menurut prediksi WEF, di tahun 2025 nanti diperkirakan manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan prediksi tersebut setidaknya 50 persen pegawai perlu menambah dan memperbaiki skill mereka supaya bisa bertahan di dunia kerja.

Ada 10 profesi yang paling bersinar di tahun 2025 menurut Future of Jobs Survei 2020 oleh WEF. Setidaknya 8 dari 10 profesi paling bersinar di 2025 membutuhkan kemampuan dari jurusan Teknik Informatika dan Matematika yakni:

1. Data analyst dan data scientist

2. Artificial intelligence (AI) and machine learning specialist

3. Big Data Specialist

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.