Kompas.com - 17/07/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi nasi goreng kemangi. Dok. Sajian SedapIlustrasi nasi goreng kemangi.
|

KOMPAS.com - Bagi masyarakat Indonesia, nasi goreng sudah sangat familiar. Sebab, setiap keluarga pasti selalu membuat menu makanan ini.

Tetapi, siapa sangka ada beragam nasi goreng yang bisa ditemui di Indonesia. Jumlahnya ternyata ada ratusan jenis nasi goreng yang tersebar di Indonesia.

Menurut pakar kuliner Nusantara dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM, Dr. Dwi Larasatie Nur Fibri, S.T.P., M.Sc., Ia menyebutkan nasi goreng merupakan makanan yang unik dan spesial karena banyak sekali ragamnya.

Baca juga: Webinar UGM: Kerja Gaji Besar atau Passion? Keduanya Bisa Diraih

"Setidaknya ada 104 jenis nasi goreng tersebar di Indonesia," ujar Dwi dalam bedah buku berjudul 'Nasi Goreng Indonesia, Cita Rasa Mendunia' yang digelar secara daring, Kamis (15/7/2021) dalam rangkaian agenda Dies Natalis ke-58 FTP UGM.

Dikatakan, jumlah itu terdiri dari 36 jenis nasi goreng yang dapat ditelusuri asal usulnya dan 59 lainnya merupakan jenis nasi goreng pengembangan yang tidak bisa ditelusur daerah asalnya.

Dijelaskan, nasi goreng merupakan salah satu kuliner unggulan Indonesia selain sate, soto, rendang, dan gado-gado yang bisa dinikmati berbagai kalangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nasi goreng ini memiliki cita rasa mendunia karena rasanya dapat diterima secara global.

Banyaknya jenis nasi goreng menjadikan keunikan tersendiri. Sebab, mendorong rasa keingintahuan untuk mencoba jenis ragam lainnya.

"Sesuatu yang banyak ragamnya akan unik karena membuat orang semakin penasaran dan tertarik untuk mencoba ragam lainnya," tuturnya seperti dikutip dari laman UGM, Jumat (16/7/2021).

Tak hanya itu saja, nasi goreng juga menjadi jawaban bagi masyarakat untuk mengolah nasi sisa menjadi makanan bercita rasa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.