Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Kristen Ipeka Jadi Sentra Vaksinasi Bantu Akselerasi "Herd Immunity""

Kompas.com - 16/07/2021, 22:18 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah telah memberikan izin program vaksinasi kepada anak dan remaja usia 12-17 sebagai langkah akselerasi pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat agar segera terbentuk kekebalan komunal atau herd community.

Sebagai upaya membantu program pemerintah tersebut, Sekolah Kristen Ipeka bekerja sama dengan Persekutuan Gereja-gereja Tionghoa Indonesia (PGTI) dan Sentra Vaksinasi Gereja Kristus Yesus (GKY) menyelenggarakan Sentra Vaksinasi Covid-19 di Sekolah Kristen Ipeka Pluit, Jakarta Utara.

Kegiatan ini bekerja sama dengan RS Graha Kedoya serta dibantu beberapa relawan dokter dibawah koordinasi PGTI.

“Kesehatan dan keamanan para murid adalah komitmen utama bagi kami di Ipeka. Oleh sebab itu lewat kegiatan vaksinasi ini, kami berharap dapat memberikan perlindungan menyongsong persiapan PTM bagi para murid,” ujar Handojo, Direktur Utama Operasional Sekolah Kristen Ipeka melalui rilis resmi (16/7/2021).

Sentra Vaksinasi Covid-19 di Sekolah Kristen Ipeka Pluit diadakan pada 12 hingga 14 Juli 2021 pada pukul 07.30 sampai 12.30 WIB.

Baca juga: Vaksinasi Siswa SMP di Kota Tangerang Digelar 19 Juli, Target 70.000 Anak

Target penerima vaksin pada program ini adalah murid dari seluruh lokasi Sekolah Kristen Ipeka tingkat SMP dan SMA serta para alumni atau minimal berusia 12 tahun.

Total penerima vaksin sebanyak 1.254 orang. Jenis vaksin Covid-19 yang diberikan adalah Sinovac dengan dosis lengkap atau diberikan dosis pertama dan kedua.

Pendaftaran untuk peserta Sentra Vaksinasi Covid-19 di Sekolah Kristen Ipeka Pluit dibuka pada 6 Juli 2021. Pendaftaran diinformasikan melalui sosial media Sekolah Kristen Ipeka serta pesan broadcast kepada orangtua atau wali murid.

Salah satu murid Sekolah Kristen IPEKA saat sedang menerima vaksinasi dari program Sentra Vaksinasi Covid-19 di Sekolah Kristen Ipeka Pluit yang dilaksanakan pada 12-14 Juli 2021DOK. SEKOLAH KRISTEN IPEKA Salah satu murid Sekolah Kristen IPEKA saat sedang menerima vaksinasi dari program Sentra Vaksinasi Covid-19 di Sekolah Kristen Ipeka Pluit yang dilaksanakan pada 12-14 Juli 2021

 

Peserta mengisi formulir online yang disediakan serta wajib memilih jadwal vaksinasi yaitu hari dan jam kegiatan vaksinasi. Setelah mendaftar, peserta akan menerima konfirmasi pendaftaran dan surat undangan vaksin, kemudian peserta diharuskan melakukan konfirmasi kedatangan.

Proses vaksinasi dibagi dalam empat waktu kegiatan yaitu pukul 08.00–09.00, 09.00–10.00, 10.00–11.00, dan 11.00–12.00. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya kerumunan dan selama kegiatan berlangsung diterapkan protokol kesehatan yang ketat oleh Pihak Ipeka beserta PGTI dan GKY.

Liaw Desi Heryawati, orangtua siswa kelas 10 SMA Kristen Ipeka Pluit, mengatakan Sentra Vaksinasi Covid-19 ini sangat membantu murid dan keluarga.

Baca juga: Ada Vaksinasi Anak, Komisi X DPR: Pemerintah Jangan Tergesa PTM Terbatas

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas program vaksinasi dari Ipeka yang sangat membantu kami, terutama yang memiliki anak usia 12-17 tahun. Sehingga kami tidak perlu repot mencari lokasi vaksinasi bagi anak kami," ungkap Desi.

Ia menilai pelaksanaan vaksinasi di Ipeka Pluit juga berjalan dengan lancar dan tertib. Semua petugas menjalankan tugasnya dengan sangat baik dan sesuai protokol kesehatan.

"Harapan saya, dengan mengikuti program vaksin ini, anak-anak kami semua sehat. Kiranya Ipeka semakin baik dalam segala bidang dan dapat menjadi teladan bagi sesama," pungkas Desi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com