Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 dari 10 Profesi Paling Bersinar di 2025 Butuh Lulusan dari Jurusan Ini

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi diiringi dengan lahirnya era Revolusi Industri 4.0 menjadi lahan subur tumbuhnya perusahaan-perusahaan berbasis teknologi. Tak heran apabila Indonesia membutuhkan sekitar 17 juta anak muda untuk menjadi tenaga IT profesional pada 2030.

Sebuah laporan Linkedin menyebut, pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi data juga menjadi pekerjaan baru yang muncul dan akan terus berkembang.

Sayangnya, jumlah lulusan yang mengerti tentang dunia teknologi dan digital belum bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Sehingga peluang karier masih terbuka lebar untuk kamu yang akan memilih jurusan yang berkaitan dengan bidang IT.

World Economic Forum (WEF) telah merilis artikel terkait 10 profesi yang paling dibutuhkan di dunia kerja tahun 2025.

Menurut prediksi WEF, di tahun 2025 nanti diperkirakan manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada.

Berdasarkan prediksi tersebut setidaknya 50 persen pegawai perlu menambah dan memperbaiki skill mereka supaya bisa bertahan di dunia kerja.

Ada 10 profesi yang paling bersinar di tahun 2025 menurut Future of Jobs Survei 2020 oleh WEF. Setidaknya 8 dari 10 profesi paling bersinar di 2025 membutuhkan kemampuan dari jurusan Teknik Informatika dan Matematika yakni:

1. Data analyst dan data scientist

2. Artificial intelligence (AI) and machine learning specialist

3. Big Data Specialist

4. Digital marketing and strategy specialist

5. Process automation specialist

6. Business development professionals

7. Digital transformation specialist

8. Information security analyst

9. Software and application developer

10. Internet of things specialist

Mengenal jurusan Teknik Informatika

Teknologi akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Itulah mengapa, lulusan dari jurusan ini memiliki keterampilan yang terus dibutuhkan perusahaan untuk melakukan coding, memproses dan menganalisis data, yang tersedia di sektor industri.

Bicara soal jurusan Teknik Informatika, melansir Rencanamu.id, bila memilih jurusan ini kamu akan mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer.

Jurusan ini juga akan mengasah keterampilan kamu dalam menghasilkan ide kreatif, kemudian merealisasikan ide tersebut, dan menciptakan instruksi yang sangat detil dalam bahasa pemrograman untuk mengajarkan komputer apa saja yang harus dilakukan.

Sebagai gambaran, berikut beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari bila berkuliah di jurusan Teknik Informatika:

  • Algoritma & Struktur Data
  • Logika Informatika
  • Probabilitas dan Statistika
  • Dasar Dasar Pemrograman
  • Pemrograman Internet
  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Data Mining
  • Kalkulus
  • Etika & Hukum Cyber
  • Metode Pengembangan Software
  • Kriptografi
  • Teori Komputasi

Menurut Bureau of Labor and Statistic (BLS), bidang Informatika adalah salah satu profesi yang akan tumbuh sangat pesat antara 2014-2024 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 12 persen, di atas rata-rata bidang profesi pada umumnya.

Lulusan Teknik Informatika bisa bekerja di hampir semua lembaga mulai dari instansi pemerintah, perusahaan swasta, BUMN, hingga start-up dan software house sendiri.

Tak mesti kuliah jurusan IT

Jurusan Teknik Informatika (TI) atau kerap disebut IT dan juga jurusan Matematika menjadi jurusan yang lulusannya menguasai kemampuan yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan, terutama perusahaan teknologi.

Pasalnya, di jurusan tersebut kamu akan dibekali skill mengolah data, kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang calon Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer, dan lainnya.

Namun, kemampuan ini juga bisa dipelajari melalui pelatihan maupun kursus di lembaga pendidikan luar kampus. Selama kamu memiliki minat di bidang IT, mau bekerja keras, kesempatan untuk berkembang di bidang ini sangat besar.

Pasalnya, teknologi akan terus berkembang, sehingga membutuhkan orang-orang yang mau terus mengembangkan ilmu dan tekun mendalaminya.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/07/17/102638671/8-dari-10-profesi-paling-bersinar-di-2025-butuh-lulusan-dari-jurusan-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke