Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Buka Kuota 6.141 Calon Mahasiswa S2 dan S3, Ini Cara Daftarnya

Kompas.com - 01/07/2021, 21:18 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka kuota 6.141 kursi untuk mahasiswa baru yang ingin melanjutkan kuliah S2 maupun S3.

Pembukaan kembali ini merupakan periode gelombang kedua. Karena, gelombang pertama sudah terlaksana di 26 April sampai 17 Mei lalu.

Baca juga: Kisah Maimunah, Anak Buruh Tani dari Langkat Masuk UGM Tanpa Tes

Gelombang kedua sendiri akan dibuka pada 31 Mei dan akan berakhir pada 6 Juli 2021.

"Bagi kamu yang ingin S2 atau S3 di UGM, pendaftaran secara online dengan mengunggah berkas dokumen ijazah dan sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris dan sertifikat Tes Potensi yang berlaku," ucap Sekretaris Bidang Teknologi Informasi dan Administrasi Akademik DPP UGM, Sigit Priyanta melansir laman UGM, Kamis (1/7/2021).

Setelah itu, kata dia, berkas akan diseleksi dan pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada 26 Juli 2021 pada pukul 22.00 WIB.

"Pendaftaran dilakukan secara online, kemudian dilakukan verifikasi dan seleksi berdasar dokumen. Di beberapa program studi ada tes substantif," ucap dia.

Sigit menyebut, adapun program studi yang membuka pendaftaran pada semester gasal terdiri 93 Program Magister, 50 Program Doktor, 26 Prodi Spesialis, dan 4 Prodi Subspesialis.

Untuk mengetahui lebih jauh Program Studi (Prodi) yang menjadi minat dan pilihan sebelum mendaftar serta mencari informasi sumber beasiswa, Sigit menyarankan calon peserta proaktif mencari informasi dan mengajukan beasiswa secara mandiri melalui laman lembaga pemberi beasiswa, misal beasiswa LPDP.

"Untuk peserta yang mendapat beasiswa dinas dari instansinya, mereka telah lolos seleksi di internal instansinya. UGM juga memberikan informasi beasiswa melalui laman UGM," katanya.

Menurut Sigit, salah satu daya tarik dan keunggulan program pascasarjana di UGM yang bisa didapatkan, yakni kurikulum dirancang dengan pendekatan sangat komprehensif, masukan dari stakeholder, kebutuhan kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

Baca juga: Ahli Virologi UGM: GeNose C19 Cegah Covid-19 di Transportasi Umum

Selanjutnya prodi S2 dan S3 berstandar internasional dibuktikan dengan banyak program yang terakreditasi internasional dan didukung dengan SDM baik dosen, tenaga kependidikan yang sangat kompeten di bidangnya.

"Selain itu dukungan teknologi informasi dalam proses pembelajaran, administrasi akademik dan sudah diadaptasi untuk kegiatan akademik dalam kondisi pandemi," jelas dia.

Lalu, prodi apa yang menjadi favorit calon mahasiswa selama 3 tahun terakhir? Sigit menyebutkan ada beberapa prodi favorit dengan peminat paling banyak sehingga tingkat persaingan yang begitu ketat.

Yakni, Prodi Magister Manajemen, Magister Psikologi Profesi, Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Magister Kenotariatan dan Magister Ilmu Kedokteran Klinis.

Sedangkan untuk Program Doktor yakni Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, Doktor Ilmu Komputer, Doktor Ilmu Politik, Doktor Ilmu Humaniora, Doktor Teknik Elektro, Doktor Ilmu Hukum.

Dia menambahkan, untuk mendaftar kuliah di UGM maka calon peserta bisa membuka laman um.ugm.ac.id, dengan membuat akun pendaftaran melalui tautan https://um.ugm.ac.id/pendaftaran.

Kemudian peserta mengisi data dan mengunggah dokumen sesuai prosedur dan persyaratan yang ada di laman tersebut.

Setelah itu peserta mengunci data dan membayar biaya pendaftaran, kemudian mencetak bukti pendaftaran.

Baca juga: Pakar UGM: Dua Penyakit Ini Serang Hewan Kurban

"Sesuai persyaratan pendaftaran program pascasarjana UGM, peserta harus memiliki dan mengunggah dokumen pada saat pendaftaran online diantaranya adalah sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris dan sertifikat Tes Potensi yang masih berlaku," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com