Kompas.com - 23/06/2021, 15:56 WIB
Ilustrasi ibu hamil ShutterstockIlustrasi ibu hamil
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pakar Genetika Medik Universitas Diponegoro (Undip), Sultana MH Faradz membagikan tips bagi ibu hamil agar terhindar dari Hipospadia terhadap janin saat proses persalinan.

Salah satunya, kata dia, ibu hamil agar mengurangi penggunaan obat penguat kehamilan.

Baca juga: Pakar Undip: Susu Tidak Buat Tubuh Gemuk

Sebab, penggunaan obat penguat kehamilan bagi ibu hamil yang marasa terancam keguguran tanpa resep dokter secara terus menerus bisa menyebabkan terjadinya Hipospadia.

Hipospadi yakni suatu kelainan yang menyebabkan letak lubang kencing (uretra) bayi laki-laki menjadi tidak normal dan merupakan kelainan bawaan sejak lahir.

"Artinya penggunaan obat penguat kehamilan terutama bagi ancaman keguguran harus mendapat petunjuk dari dokter, karena obat ini harus dengan resep dokter dan dosis yang dianjurkan pada waktu tertentu saja, bukan terus-menerus selama kehamilan," ucap dia melansir laman Undip, Rabu (23/5/2021).

Faktor lain penyebab Hipospadia, sebut dia, adalah faktor lingkungan, seperti penggunaan obat nyamuk bakar pada ibu hamil muda sepanjang malam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena, obat nyamuk bakar merupakan bahan kimia yang dapat mengandung endocrine disruptors.

"Gangguan ini dapat menyebabkan tumor kanker, cacat lahir, dan gangguan perkembangan lainnya tak terkecuali kerancuan kelamin," jelas Sultana.

Baca juga: Intip Peluang Kerja Lulusan FPIK Undip, Ada Program Menyelam Juga Lho

Penyebab lainnya yang paling sering adalah faktor genetik, kehamilan ganda atau kembar, kelahiran premature, usia ibu hamil lebih dari 35 tahun serta orangtua yang merokok.

Dia mengingatkan, pada kasus pemain Timnas Voli Indonesia yang juga anggota TNI AD, Aprilia Manganang, hanya salah satu saja. Sebenarnya banyak kasus lain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X