Kompas.com - 22/06/2021, 15:19 WIB
Ilustrasi menyelam ARSIP KOMPAS TVIlustrasi menyelam
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Jika kamu hobi berenang dan punya minat untuk belajar menyelam, ada program menarik yang dimiliki Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro Semarang.

Melalui program training dan sertifikasi Selam Keahlian di Kepulauan Karimunjawa Jepara, mahasiswa bisa dilatih menyelam scuba dan tersertifikasi

Program ini terlaksana berkat kerja sama dengan Kwansei Gakuin University (KGU) Jepang dan menjadi program yang cukup diminati para mahasiswa reguler maupun mahasiswa asing.

"Program traning yang disebut Introduction to Scientific Diving ini sudah berjalan 4 tahun, sejak 2016 hingga 2019. Namun berhenti karena pandemi Covid-19," kata Dosen prodi Ilmu Kelautan FPIK Undip Dr. Munasik seperti dikutip dari laman Undip, Selasa (22/6/2021).

Baca juga: Biaya Kuliah Prodi Saintek Jalur Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya

Mahasiswa bisa menyelam bersertifikasi

Munasik menerangkan, kegiatan training ini adalah Kuliah Musim panas, Summer Course dihargai dengan 1-2 Satuan Kredit Semester (SKS).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Capaian pembelajaran dari kegiatan ini adalah mahasiswa mampu menyelam scuba dan tersertifikasi sebagai Open Water Diver dari Association of Diving School International ADS-I.

Selain itu para dosen juga memberikan materi kuliah tentang ekosistem kelautan tropis yaitu terumbu karang, mangrove dan lamun.

"Di samping memberikan training scuba diving, para dosen juga mendidik mereka untuk peduli terhadap ekosistem laut, mengunjungi ekosistem pesisir dan pulau-pulau kecil dan terlibat dalam perbaikan terumbu karang," imbuhnya.

Baca juga: Tips Belajar Bahasa Inggris ala Alumni Unikama

Terlibat kegiatan kemanusiaan

Keahlian menyelam inilah yang membuat mahasiswa FPIK Undip diminta bantuan Tim SAR Jawa Tengah untuk membantu operasi pencarian korban tenggelam perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedung Ombo Boyolali pertengahan Mei lalu.

Selain itu mahasiswa Undip juga dilibatkan dalam beberapa kegiatan kemanusiaan lainnya yang berhubungan dengan kecelakaan di air.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X