Kompas.com - 22/06/2021, 17:38 WIB
Alat fisioterapi berbasis android karya dosen UMY yang bisa membantu meringankan nyeri otot pada pasien post Covid. DOK.Tim Pengabdian Masyarakat UMYAlat fisioterapi berbasis android karya dosen UMY yang bisa membantu meringankan nyeri otot pada pasien post Covid.
|

KOMPAS.com - Sebagai bagian dari tri dharma perguruan tinggi, Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membuat inovasi menarik.

Bahkan inovasi tersebut relevan dengan kondisi saat ini, yakni membantu pasien post Covid dalam proses pemulihan pasca sakit Covid-19.

Adapun inovasi ini dalam rangka meningkatkan kinerja pengabdian serta kontribusi nyata kepada masyarakat saat pandemi Covid-19.

Baca juga: Pakar UNS: Awas, Ini Bahaya Virus Covid Varian Delta

Dengan dukungan dari Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMY, Dosen Prodi Magister Manajemen Rumah Sakit UMY, Dr. Elsye Maria Rosa, S.K.M., M.Kes., membuat inovasi bersama timnya.

Mengurangi rasa nyeri otot

Kepada Kompas.com, Selasa (22/6/2021), Elsye mengatakan bahwa dirinya membuat inovasi alat fisioterapi infra red berbasis android.

"Ini adalah alat fisioterapi untuk mengurangi rasa nyeri otot pada pasien post Covid-19. Tentu alat yang mudah digunakan sendiri," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, alat tersebut berbasis android atau bisa dikendalikan sendiri dengan mudah hanya dari perangkat ponsel pintar.

Tentunya, alat infra merah itu harus terhubung dengan ponsel pintar berbasis android yang sudah di-install dengan aplikasi buatan Elsye dan timnya.

Menurutnya, pasien yang pernah sakit Covid-19 terutama para lansia masih sering merasakan nyeri otot. Untuk itulah dia coba berinovasi membuat alat fisioterapi yang mudah digunakan.

Bahkan semua dapat dikontrol dengan mudah dari ponsel pintar. Seperti lama penggunaan, besaran sinar infra merah yang terpancar dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X