Kompas.com - 10/06/2021, 21:40 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, tiga tenaga kesehatan (nakes) di Bangkalan meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid-19.

Sejumlah pakar menduga, ketiga nakes itu terpapar varian baru Covid-19, yaitu Varian B117 (Alpha) dan B1351 (Beta).

Baca juga: Pakar Unair: 2 Hal Ini Picu Obsesitas

Lantas benarkah varian baru tersebut mampu menginfeksi meski seseorang telah divaksinasi?

Dosen Fakultas Kedokteran (FK) sekaligus Pakar Imunologi Unair, Agung Dwi Wahyu Widodo menjelaskan, walaupun sudah divaksin, seseorang dapat mengalami proses reinfeksi atau tertular kembali Covid-19.

Hal itu, kata dia, timbul karena beberapa sebab. Pertama, dikarenakan produk antibodi yang dihasilkan oleh vaksinasi masih belum tinggi.

Alhasil, tubuh tidak mampu melakukan netralisasi virus yang masuk, sehingga virus menyebar dan menghasilkan penyakit.

"Pada beberapa kasus, walaupun sedikit, bisa terjadi reinfeksi pada varian Alpha. Begitu pula dengan varian Beta yang dapat menimbulkan reinfeksi juga walaupun tidak tinggi," ucap dia melansir laman Unair, Kamis (10/6/2021).

Yang kedua, sambung dia, pada orang tertentu kemungkinan antibodi memang tidak dihasilkan terlalu tinggi. Sehingga yang terjadi virus dapat bertahan dan menimbulkan infeksi.

Sementara itu, Agung menyatakan, Hongkong dan beberapa negara Eropa serta Amerika menemukan virus yang menginfeksi setelah vaksinasi, ternyata virus ietu berbeda varian.

Menurut dia, hal itu memungkinkan terjadinya proses reinfeksi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.