Kompas.com - 10/06/2021, 17:36 WIB
Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta Shutterstock/Fajar Tri AmboroKampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Muda, menginspirasi, dan berprestasi. Itulah gambaran dari Dosen Fakultas Hukum UGM, Muhammad Rifky Wicaksono yang belum lama telah diwisuda dari program master hukum Harvard University.

Dia berhasil lulus dengan mengantongi dua penghargaan Dean’s Scholar Prize karena mendapatkan nilai tertinggi untuk dua mata kuliah, yaitu Mediation dan International Commercial Arbitration.

Baca juga: UGM Masih Jadi Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2022

Dia juga mendapatkan predikat Honors untuk tesisnya yang merumuskan "theory of harm" baru untuk hukum persaingan usaha Indonesia dalam menganalisis merger di pasar digital.

Tahun ini, dosen yang akrab disapa Rifky menjadi satu-satunya orang Indonesia yang lulus dari program Master of Laws Harvard Law School atau lebih dikenal sebagai almamater mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

"Alhamdulillah, sangat bersyukur bisa menyelesaikan studi dalam waktu 10 bulan dan wisuda kemarin Mei," ucap dia melansir laman UGM, Kamis (10/6/2021).

Sebelumnya, pria kelahiran 28 tahun silam ini juga berhasil menjadi orang Indonesia pertama yang mendapatkan gelar Magister Juris dari University of Oxford pada 2017 melalui beasiswa Jardine Foundation.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di kampus itu, dia mengharumkan nama bangsa dengan meraih penghargaan Distinction yang merupakan predikat akademik tertinggi untuk studi magister hukumnya.

Sebuah pencapaian yang luar biasa dan tentunya melalu perjuangan yang tidak mudah menyabet dua gelar dari dua kampus terbaik dunia.

Namun siapa sangka di balik pencapaian akademisnya, ada kisah kegagalan saat menempuh studi. Dia sempat gagal dalam Ujian Nasional (UN) saat SMA.

Baca juga: 9 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi THE Asia University Rankings 2021

Rifky menceritakan, dirinya terlalu terlena menyiapkan diri mengikuti lomba debat internasional.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X