Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Ristek: Ragam Tanaman "Toga" Kaya Manfaat bagi Kesehatan

Kompas.com - 28/05/2021, 11:07 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19, bercocok tanam kian menjadi tren di masyarakat. Tanaman yang ditanam juga cukup beragam. Ada tanaman hias, tanaman buah-buahan, sayuran.

Bahkan, beberapa pecinta tanaman memiliki tanaman hingga bernilai jutaan rupiah seperti Coelogyne pandurata (anggrek hitam), dan bonsai kelapa.

Bercocok tanam adalah tren yang sangat bagus dan perlu dipertahankan. Akan tetapi, bercocok tanam tidak melulu soal tanaman hias.

Banyak jenis tanaman yang punya manfaat lain dari sekadar hiasan, seperti tanaman obat keluarga atau yang disingkat TOGA.

Tanaman obat keluarga (TOGA) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat.

Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah,baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan.

Baca juga: Peneliti Unair: Madu dari Lebah Ini Bantu Atasi Osteoporosis

Untuk melakukan budidaya TOGA ternyata tidak terlalu sulit. Manfaatkanlah sebidang lahan yang ada di sekitar rumah, kebun, ataupun ladang.

Jika tidak ada lahan, alternatifnya adalah dengan menyiapkan pot-pot kecil untuk menjadi media budidaya TOGA.

Ada beberapa jenis tanaman TOGA yang memiliki banyak manfaat dan mudah untuk dibudidayakan. Tanaman apa saja ya kira-kira? Dilansir dari laman Direktorat SMP Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) ini tanaman yang memiliki khasiat yang tinggi:

Lidah buaya

Lidah buaya sering sekali digunakan oleh pakar kecantikan untuk menghilangkan jerawat, menjaga kesehatan bulu mata, memperkuat rambut dan menghilangkan ketombe, menghilangkan flek hitam pada wajah dan menutup pori-pori wajah yang terlalu besar.

Selain itu, tanaman yang memiliki nama latin Aloe vera ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan seperti melancarkan peredaran darah, mempercepat penyembuhan luka, menyembuhkan tekanan darah tinggi, dan mengatasi peradangan.

Baca juga: Pakar IPB: Khasiat Tanaman Porang, Cegah Kanker dan Gula Darah

Jahe

Jahe telah banyak dikenal oleh masyarakat dan pecinta minuman herbal. Tanaman ini sangat ampuh menghangatkan tubuh di kala cuaca dingin.

Tidak hanya itu, tanaman dengan nama ilmiah Zingiberaceae ini dapat mengatasi berbagai penyakit seperti batuk, sakit kepala, masuk angin, dan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kunyit

Tanaman ini seringkali tertukar dengan jahe dan lengkuas. Meski demikian, kunyit memiliki aroma yang cukup khas dan berbeda dari kedua tanaman lainnya. Tanaman ini seringkali digunakan untuk bumbu dapur.

Selain bumbu dapur, kunyit pun memiliki khasiat untuk kesehatan. Beberapa khasiat kunyit untuk kesehatan di antaranya adalah mengatasi maag, menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam darah, menghilangkan mual, dan meredakan gatal-gatal pada kulit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com