Kompas.com - 18/05/2021, 14:34 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2020, alumnus Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair), Ayu Maulida Putri, mencuri perhatian banyak orang lewat penampilan sesi National Costume.

Bertema "Komodo Dragon: An Indonesian Prehistoric Heritage", penampilan perempuan yang kerap disapa Ayuma itu berhasil menjadi trending topic di beberapa media sosial (medsos).

Baca juga: Dosen Unair: 2 Manfaat Makan Ikan Gabus

Dalam sesi yang dilaksanakan pada Kamis (13/5/2021) malam waktu Florida atau Jumat (14/5/2020) pagi waktu Indonesia bagian barat itu, Ayuma menceritakan, kostumnya memiliki banyak makna di dalam proses pembuatannya.

Pertama, komodo sendiri merepresentasikan salah satu hewan langka yang keberadaannya hanya dapat ditemukan di Indonesia.

Selain itu, sisik atau sirip komodo dibuat dari 5.000 lembar keping logam, di mana angka lima merupakan simbol dari sila Pancasila.

Selain mempertunjukkan pesona komodo sebagai Seven Wonders of The World yang dimiliki Indonesia, dia juga ingin menebarkan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

"Oleh karena itu, angka lima dalam jumlah kepingan logam adalah representasi dari lima sila Pancasila," ucap Ayuma melansir laman Unair, Selasa (18/5/2021).

Selanjutnya dia menyatakan, kostum yang dia kenakan telah dilengkapi dengan lampu LED yang bisa menyala terang pada bagian tangan dan leher yang membuat dirinya semakin menyerupai reptil raksasa.

Untuk berat kostum, wanita kelahiran 1997 itu menyebut sekitar 30-40 kilogram (kg).

Baca juga: Puasa Optimalkan Imunitas, Begini Penjelasan Guru Besar IPB

Adapun panjang ekor kostum sampai dengan 2 meter.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.