Kompas.com - 13/05/2021, 09:23 WIB
|

KOMPAS.com - Menjadi orang tua adalah kebanggaan tersendiri. Apalagi memiliki anak yang lucu, manis, dan baik.

Namun, seringkali orang tua lupa dan tak bisa menahan emosi ketika menghadapi anak. Terlebih jika tidak sesuai dengan keinginan sang orang tua.

Emosi pada orang tua yang berlebih akan berdampak kurang baik pada perkembangan anak. Karena itu, penting sekali orang tua dapat mengelola emosinya.

Baca juga: 10 Cara agar Anak Lupa Gadget

Melansir laman Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbud Ristek, emosi adalah perasaan yang kita miliki ketika berada dalam situasi tertentu atau ketika berhubungan dengan seseorang yang dianggap penting.

Ketika proses pengasuhan, orang tua bisa mengelola emosinya maka akan lebih siap mengajarkan anak untuk mengelola emosi.

Nantinya, anak akan mendapatkan contoh tentang bagaimana cara mengelola emosi yang baik dari lingkungan terdekat, yaitu orang tua.

Maka, orang tua perlu mengetahui dan mampu mengelola emosi dalam kehidupannya sehari-hari.

Cara kelola emosi

Berikut ini cara mengelola emosi orang tua pada pengasuhan anak usia dini:

1. Kenali emosi yang muncul dan penyebabnya. Semakin kita jujur pada diri sendiri, maka semakin mudah kita mengenali emosi kita dan penyebabnya.

2. Coba ubah pikiran-pikiran negatif dengan pikiran positif. Misalnya ketika kita berpikir bahwa "kita TIDAK PERNAH BISA jadi orang tua yang baik", gantilah menjadi "kita SEDANG BERUSAHA MENJADI orang tua YANG BAIK".

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.