Kompas.com - 08/05/2021, 12:51 WIB
. SHUTTERSTOCK.
|

KOMPAS.com - Mendidik anak usia dini tidak mudah. Terlebih bagi para orangtua yang baru memiliki anak harus belajar banyak mengenai pendampingan anak.

Terkait hal itu, Direktorat PAUD Kemendikbud Ristek dan Southeast Asia Ministers Education Organization Centre of Early Childhood Care Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) menggelar Rapat Koordinasi.

Rapat itu tentang Piloting Fasilitasi Pendampingan Kapasitas Keorangtuaan pada Senin-Rabu (3-5/5/2021) di Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: Orangtua, Berikut Tips Jitu Atasi Kecanduan Anak Bermain Gadget

Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua piloting yang menyusun enam modul pembelajaran keorangtuaan yang direncanakan berlangsung sepanjang tahun 2021.

Untuk lokasinya di tiga lokasi yaitu Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat, Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat, dan Kabupaten Ogan Hili Sumatera Selatan.

Melansir laman Direktorat PAUD, Direktur Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Dr. Muhammad Hasbi, menyampaikan harapannya agar kegiatan penyusunan enam modul untuk piloting ini dapat memberikan dampak kepada para penerima manfaat dan umumnya kepada masyarakat umum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun dampak yang ingin dicapai dari kegiatan piloting ini adalah tumbuhnya kesadaran orang tua terkait terpenuhinya kebutuhan esensial anak Indonesia terkait:

  • perlindungan
  • pengasuhan
  • kesehatan
  • kesejahteraan

Dengan terpenuhinya kebutuhan gizi, nutrisi dan kesehatan tentunya akan menurunkan angka stunting.

Baca juga: 5 Kegiatan Positif bagi Siswa agar Ramadhan Produktif

Untuk anak usia dini, yakni usia 1-6 tahun, kebutuhan dasar yang harus dipenuhi orang tua yakni:

1. Kesehatan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X