Kompas.com - 08/05/2021, 10:14 WIB
Kampus Universitas Padjadajaran (Unpad) di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. KOMPAS.com/RENI SUSANTIKampus Universitas Padjadajaran (Unpad) di Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

KOMPAS.com - Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kini telah membuka pendaftaran untuk Seleksi Mandiri 2021 sebagai jalur pilihan bila calon mahasiswa tak lolos masuk PTN melalui Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) atau Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2021.

Bila calon mahasiswa akan mengikuti jalur mandiri di Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Airlangga (Unair) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), berikut rangkuman kisaran biaya masuk melalui Jalur Mandiri 2021, merangkum laman resmi PTN bersangkutan.

Kisaran biaya bisa berbeda-beda sesuai dengan jurusan atau program studi (prodi) yang dipilih. Pendapatan atau gaji orangtua pun bisa memengaruhi besaran biaya kuliah yang akan dibayarkan oleh calon mahasiswa.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: UI, UGM, ITB

Biaya ini bisa mengalami perubahan sesuai dengan kebijakan setiap kampus. Untuk itu, calon mahasiswa bisa melihat perkembangan terkait biaya pendidikan melalui laman resmi kampus tujuan.

1. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Program Sarjana Jalur Mandiri Unpad (SMUP) 2021 dapat diikuti oleh semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang lulus pada pendidikan setingkat Sekolah Menengah Atas di tahun 2019, 2020 dan 2021, dengan tidak harus terdaftar sebelumnya sebagai peserta SNMPTN ataupun SBMPTN.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Calon mahasiswa hanya dapat memilih salah satu dari dua skema pendaftaran dan seleksi, yaitu:

  • Skema 1: Peserta menggunakan nilai UTBK 2021
  • Skema 2: Peserta menggunakan nilai SMUP (untuk siswa lulusan tahun 2019, 2020, 2021).

Baca juga: 10 PTN dengan Daya Tampung Jalur Mandiri Paling Banyak

Ujian SMUP Sarjana jalur mandiri akan dilaksanakan secara daring yang dapat diikuti dari rumah masing-masing peserta pada tanggal 26 Juni 2021. Sementara, pendaftaran dan pembayaran biaya seleksi SMUP masih berlangsung hingga 8 Juni 2021 (15:00 WIB).

Berikut kisaran besaran biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Dana Pengembangan SMUP Unpad 2021, biaya ini berbeda-beda tergantung pada pilihan program studi (prodi):

  • UKT per semester: Rp 6 juta - Rp 30 juta
  • Dana Pengembangan: Rp 15 juta - Rp 250 juta

Info resmi dapat dilihat melalui laman ini.

2. Universitas Airlangga (Unair)

Pendaftaran Jalur Mandiri Unair 2021 bakal berlangsung dua hari lagi, yakni pada 10 Mei hingga 20 Juni 2021.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X