Kompas.com - 06/05/2021, 09:52 WIB
Kain merah putih raksasa membentang di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Pemasangan kain merah putih tersebut dilakukan oleh delapan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala UI. Dok. UIKain merah putih raksasa membentang di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Pemasangan kain merah putih tersebut dilakukan oleh delapan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala UI.

KOMPAS.com - Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kini telah membuka pendaftaran untuk Seleksi Mandiri 2021 sebagai jalur pilihan bila calon mahasiswa tak lolos masuk PTN melalui Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) atau Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2021.

Bila calon mahasiswa akan mengikuti jalur mandiri di Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB), berikut rangkuman kisaran biaya masuk melalui Jalur Mandiri 2021, merangkum laman resmi PTN bersangkutan.

Kisaran biaya bisa berbeda-beda sesuai dengan jurusan atau program studi (prodi) yang dipilih. Pendapatan atau gaji orangtua pun bisa memengaruhi besaran biaya kuliah yang akan dibayarkan oleh calon mahasiswa.

Baca juga: 10 PTN dengan Daya Tampung Jalur Mandiri Paling Banyak

Biaya ini bisa mengalami perubahan sesuai dengan kebijakan setiap kampus. Untuk itu, calon mahasiswa bisa melihat perkembangan terkait biaya pendidikan melalui laman resmi kampus tujuan.

Ilustrasi Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.Shutterstock/Harismoyo Ilustrasi Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Universitas Indonesia (UI)

1. SIMAK UI Program S1 Reguler

Program S1 Reguler terbatas untuk pendaftar lulusan SMA sederajat maksimal 3 tahun kelulusan. Contoh SBMPTN 2021 dapat diikuti lulusan SMA/Sederajat tahun 2021, 2020, dan 2019. Calon mahasiswa diterima di program S1 Reguler melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri S1 Reguler yang pelaksanaannya dengan SIMAK UI.

Biaya UKT dengan BOP Pilihan tahun 2021: Biaya Operasional Pendidikan (BOP) Pilihan adalah mekanisme pembebanan Biaya Pendidikan yang ditentukan sendiri oleh penanggung biaya pendidikan didasarkan pada semangat untuk berpartisipasi dalam pengembangan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas di UI. Calon mahasiswa batu dapat memilih besaran biaya pendidikan sesuai dengan pilihan yang telah disediakan.

Baca juga: Jalur Mandiri SIMAK UI 2021 Dibuka, Ini Syarat, Biaya dan Cara Daftar

Rumpun Sosial Humaniora

  • Kelas 5: Rp 17,5 juta
  • Kelas 4: Rp 15 juta
  • Kelas 3: Rp 12,5 juta
  • Kelas 2: Rp 10 juta
  • Kelas 1: Rp 7,5 juta

Rumpun Sains, Teknologi, Kesehatan

  • Kelas 5: Rp 20 juta
  • Kelas 4: Rp 17,5 juta
  • Kelas 3: Rp 15 juta
  • Kelas 4: Rp 12,5 juta
  • Kelas 1: Rp 10 juta

Biaya UKT UI 2021 dengan BOP Berkeadilan: BOP Berkeadilan merupakan mekanisme penetapan Biaya Pendidikan mahasiswa S1 Reguler berdasarkan kemampuan bayar penanggung biaya pendidikan. Pengajuan pilihan BOP Berkeadilan tidak secara otomatis akan disetujui. UI perlu melakukan verifikasi dan penilaian terlebih dahulu sebelum ditetapkannya keputusan atas Biaya Pendidikan yang harus dibayarkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X