Kompas.com - 22/04/2021, 08:20 WIB
Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional mengadakan acara Dialog Interaktif Peringatan Hari Kartini, Rabu (21/4/2021). Dok. KemenristekKementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional mengadakan acara Dialog Interaktif Peringatan Hari Kartini, Rabu (21/4/2021).
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Perjuangan RA Kartini, saat ini sudah bisa dirasakan kaum perempuan di Indonesia. Semua perempuan bisa mengenyam pendidikan setinggi apapun dan mengejar karier yang diinginkan.

Peringatan Hari Kartini ini juga menjadi momentum untuk merefleksikan kembali bahwa perempuan merupakan sosok yang sangat berperan penting dalam kemajuan sebuah bangsa.

Perjuangan RA Kartini telah menginspirasi dan memotivasi kaum perempuan untuk meningkatkan peran serta dalam semua aspek kehidupan.

Termasuk dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Baca juga: Gagas RiTx Bertani, Dosen UGM Raih Penghargaan di Ajang Internasional

Semangat Kartini perlu diteladani

Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro mengatakan, kalimat 'Habis Gelap Terbitlah Terang!' mampu menginspirasi perempuan di masa lalu hingga saat ini.

"Semangat itu lah yang perlu kita teladani. Di tengah kondisi pandemi Covid-19 dan keterbatasan lain yang ada tidak menjadi penghalang bagi perempuan Indonesia untuk berkarya," jelas Bambang pada acara Dialog Interaktif Peringatan Hari Kartini Tahun 2021: Semangat Kartini untuk Inovasi Indonesia, Rabu, (21/04/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bambang menerangkan, perempuan-perempuan Indonesia yang memiliki profesi sebagai peneliti, perekayasa, inovator dan profesi lain di bidang riset, teknologi dan inovasi mampu menghasilkan inovasi yang hebat.

Baca juga: Blibli Buka 4 Lowongan Kerja bagi S1 Fresh Graduate, Cek Syaratnya

Bahkan karya mereka menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dan dunia.

“Saya bangga dengan capaian perempuan Indonesia khususnya di dunia riset dan inovasi. Kami akan selalu berusaha mendukung perempuan hebat Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas diri sehingga menjadi lebih mandiri," imbuh Bambang.

Baca juga: Segera Dimulai, LTMPT Berikan Tips Persiapan Peserta UTBK Gelombang 2

Peneliti perempuan punya andil besar

Selain itu peneliti perempuan juga berperan lebih besar dalam pembangunan bangsa.

Bambang menambahkan, perempuan menjadi generasi penerus yang berkualitas secara ilmu pengetahuan.

"Serta memiliki akhlak yang mulia untuk mencetak generasi penerus bangsa yang siap bersaing secara kompetitif di era global ini,” ungkap Menteri Bambang.

Menteri Bambang mengundang para perempuan hebat Indonesia agar menciptakan warisan bagi masa depan Indonesia dan bagi generasi mendatang.

Baca juga: Ingin Jadi Peternak Ayam Kampung? Ini Kunci Sukses dari Pakar UGM

Dia juga berharap seluruh perempuan Indonesia pada peringatan Hari Kartini ini, tetap menjadi yang terbaik serta memberikan yang terbaik dalam memajukan Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X