Kompas.com - 21/04/2021, 19:01 WIB
Fadjroel Rachman usai ditunjuk sebagai Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi sekaligus Juru Bicara Presiden KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIMFadjroel Rachman usai ditunjuk sebagai Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi sekaligus Juru Bicara Presiden
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Jubir Jokowi, Fadjroel Rachman memperoleh gelar Doktor Ilmu Komunikasi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI).

Gelar itu didapat Fadjroel, setelah menyampaikan penelitian dengan judul "Distingsi Pemilih di Indonesia" pada Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Daya Tampung Prodi S1 Regular SIMAK UI 2021 dan Peluang Masuknya

Sidang promosi doktor ini diketuai oleh Dekan FISIP UI Arie Setiabudi Soesiolo, dengan promotor Ilya R. Sunarwinadi dan ko-promotor Pinckey Triputra.

Penguji dalam sidang ini adalah Alois Agus Nugroho, Effendi Gazali, Sirojuddin Abbas, Billy K. Sarwono, Eriyanto dan Inaya Rakhmani.

Hasil predikat doktor yang diraih oleh Fadjroel sangat memuaskan.

Melansir Wikipedia, Fadjroel Rachman lahir di Banjarmasin pada 17 Januari 1964.

Fadjroel memiliki darah Banjar yang merupakan pelajar teladan sejak Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas se-Kalimantan Selatan.

Setelah tamat SMA, dia pergi ke pulau Jawa untuk kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) Jurusan Kimia.

Namun, dia dikeluarkan oleh kampus ITB.

Berkat bantuan Jurnalis Senior Mochtar Lubis, dia direkomendasikan kembali kuliah di UI.

Baca juga: Dosen UI: Mengenal Glaukoma, Bisa Buat Mata Buta

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X