Kompas.com - 21/04/2021, 16:33 WIB
Dignity of Srikandi Kartini Edition merupakan turnamen esports Mobile Legends khusus wanita yang akan diselenggarakan pada 27-28 April 2021. Tangkapan Layar Dignity of Srikandi Kartini Edition merupakan turnamen esports Mobile Legends khusus wanita yang akan diselenggarakan pada 27-28 April 2021.
|

KOMPAS.com - Nama besar R.A Kartini dikenal luas di seluruh Indonesia. Bahkan terus dikenang selamanya karena jasanya memperjuangkan emansipasi wanita.

Kendati harus mengembuskan napas terakhirnya di usia 25 tahun, tetapi nama Kartini tak akan terlupakan sebagai wanita cerdas yang memiliki semangat juang tinggi untuk perempuan.

Tapi, di zaman now juga ada sosok seperti Kartini. Setidaknya ada 4 srikandi atau perempuan inspiratif milik bangsa Indonesia saat ini.

Siapa saja dia? Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud, Selasa (20/4/2021), ada 4 sosok perempuan inspiratif Indonesia.

Baca juga: Pusat Studi Wanita UGM: Seperti Ini Sosok Kartini Masa Kini

Hal ini tentu sebagai salah satu bentuk penghormatan untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh 21 April. Semangat R.A Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan untuk mencapai kesetaraan gender harus terus diabadikan.

Hal ini dapat terlihat dari banyak munculnya figur perempuan berprestasi nan inspiratif di tanah air.

Sosok-sosok perempuan tersebut tentunya dapat menjadi teladan baik yang patut dicontoh oleh siswa sekolah.

Ini 4 sosok menteri perempuan berprestasi dan inspiratif di Indonesia:

1. Sri Mulyani

Siapa yang belum pernah mendengar nama Sri Mulyani? Pasti semua siswa SMP sudah sering mendengar nama Sri Mulyani.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X