Kompas.com - 20/04/2021, 21:01 WIB
Ilustrasi glaukoma ThinkstockIlustrasi glaukoma
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Glaukoma adalah penyakit mata yang menyerang saraf penglihatan, sehingga dapat menyebabkan kebutaan mata secara permanen.

Glaukoma sering disebut sebagai "si pencuri penglihatan", karena umumnya glaukoma tidak memiliki gejala.

Sehingga sering kali pasien glaukoma tidak menyadari sedang menderita penyakit tersebut.

Baca juga: Pakar Unpad: Generasi Milenial Perlu Kuasai Literasi Digital

Staf pengajar dari Departemen Ilmu Kesehatan Mata FKUI-RSCM, Astrianda N. Suryono mengatakan, kebutaan pada Glaukoma terjadi secara perlahan.

Mulai dari lapang pandang sisi luar hingga ke tengah sampai akhirnya penglihatan menghilang.

"Glaukoma tidak terdeteksi, karena kerusakannya terjadi dari penglihatan lapang pandang yang di pinggir (perifer) dan berjalan perlahan-lahan semakin ke tengah hingga akhirnya hilang," ucap dia melansir laman UI, Selasa (20/4/2021).

Jika sudah sangat lanjut, bilang dia, maka akan seperti mengintip dari lubang kunci dan akhirnya bisa sama sekali hilang penglihatannya.

Lanjut dia menyebut, faktor risiko utama penyebab glaukoma adalah karena tekanan bola mata yang tinggi.

Faktor lainnya adalah berusia lebih dari 40 tahun, memiliki anggota keluarga yang menderita glaukoma, memakai kacamata minus (tebal), terdapat riwayat cedera mata, kencing manis, darah tinggi, dan pemakaian obat anti radang steroid dalam jangka panjang.

Tipe penyakit glaukoma

Berdasarkan waktu penyakitnya, glaukoma ada dua tipe, yakni kronis dan akut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X