Kompas.com - 14/04/2021, 13:42 WIB
Siti Zahratul Chosiyah menjadi mahasiswa termuda Untirta lewat jalur SNMPTN 2021. DOK. UntirtaSiti Zahratul Chosiyah menjadi mahasiswa termuda Untirta lewat jalur SNMPTN 2021.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Siti Zahratul Chosiyah menjadi mahasiswa termuda di kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), yakni berusia 15 tahun.

Dia diterima di Untirta bukan hasil tangan kosong, karena hasil kerja keras yang dilakukannya selama duduk di bangku SMA.

Baca juga: Usia 20 Tahun, Mahasiswa ITS Ini Sudah Peroleh Gelar Sarjana

Selama SMA, wanita yang akrab disapa Zahra ini sudah bertekad untuk ikut dan lulus dari SNMPTN 2021

Alhasil, dia diterima masuk Untirta lewat jalur SNMPTN 2021. Padahal, ada ratusan ribu orang yang menaruh harapannya lewat jalur SNMPTN 2021.

"Tidak pernah terpikirkan untuk bisa diterima di salah satu universitas favorit di Banten dengan jalur SNMPTN, seperti mimpi tapi memang nyata," ujarnya melansir laman Untirta, Rabu (14/4/2021).

Kuliah di Untirta, Zahra akan menekuni Prodi Bahasa Inggris, sesuai pilihannya di SNMPTN 2021.

Sebenarnya, bilang dia, prodi yang didapat bukan prodi impiannya. Karena, dia ingin sekali kuliah Prodi Matematika.

"Sejak kelas 12 SMA, saya pribadi konsen untuk ambil Prodi Matematika, tapi ternyata dalam pemilihan prodi di jalur SNMPTN tidak bisa, karena terbentur program IPS di kelas 12. Prodi Matematika hanya untuk program IPA saja," jelas dia.

Komunikasi dengan orangtua

Saat memilih prodi di SNMPTN 2021, dia berkomunikasi terlebih dahulu dengan kedua orangtua.

Alhasil, prodi yang dipilih, yakni pilihan pertama jatuh pada Pendidikan Bahasa Inggris dan pilihan kedua jatuh pada Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X