Kompas.com - 21/04/2021, 14:36 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa
|

KOMPAS.com - Dalam waktu dekat, Universitas Brawijaya (UB) bakal memulai pertukaran mahasiswa pada Program Kampus Merdeka yang digagas Kemendikbud.

Hal ini bahkan untuk mengulang kesuksesan dalam Program Permata Sakti. Sedangkan Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan bagian dari program pertukaran pelajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES, UB akan memulai program ini di semester ganjil 2021/2022.

Baca juga: Ramadhan di Swiss, Mahasiswa S3 Ini Puasa Tapi Nggak Terasa Lapar

Pada program Permata Sakti di semester lalu, UB sudah menerima 354 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh penjuru nusantara untuk mengikuti perkuliahan di UB.

"Kali ini UB siap mengirim dan menerima mahasiswa peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan UB sekaligus berperan sebagai PT pengirim, PT penerima, dan PT Mitra," ujarnya seperti dikutip dari laman UB, Rabu (21/4/2021).

Diikuti mahasiswa aktif semester 5

Dijelaskan, program ini dapat diikuti oleh mahasiswa aktif semester 5, S1 PTN atau PTS non vokasi. Pertukaran mahasiswa dapat dilakukan antar PTN-PTN, antar PTS-PTS, dan antar PTN-PTS, tanpa melihat akreditasi PT, dan boleh dilakukan pada program studi yang sama maupun berbeda.

Adapun kegiatan ini dilakukan selama satu semester dengan sistem alih kredit mata kuliah antar perguruan tinggi setara 20 SKS.

Nantinya, UB akan menawarkan mata kuliah yang menarik atau diunggulkan untuk dipilih.

"Apa saja mata kuliah yang akan ditawarkan, kami masih melakukan koordinasi internal dengan fakultas/prodi dan dosen pengampu mata kuliah, karena memang programnya masih baru disosialisasikan oleh Kemendikbud," jelasnya.

Baca juga: Terbaru, UNS Peringkat 201-300 Dunia Versi THE Impact Ranking 2021

Tentu, tujuan dari program ini ialah mengembangkan softskill mahasiswa agar mampu berbaur dengan beragam latar belakang suku, agama, budaya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X