Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2021, Universitas Brawijaya Siap Ikut Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Kompas.com - 21/04/2021, 14:36 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Dalam waktu dekat, Universitas Brawijaya (UB) bakal memulai pertukaran mahasiswa pada Program Kampus Merdeka yang digagas Kemendikbud.

Hal ini bahkan untuk mengulang kesuksesan dalam Program Permata Sakti. Sedangkan Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan bagian dari program pertukaran pelajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES, UB akan memulai program ini di semester ganjil 2021/2022.

Baca juga: Ramadhan di Swiss, Mahasiswa S3 Ini Puasa Tapi Nggak Terasa Lapar

Pada program Permata Sakti di semester lalu, UB sudah menerima 354 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh penjuru nusantara untuk mengikuti perkuliahan di UB.

"Kali ini UB siap mengirim dan menerima mahasiswa peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan UB sekaligus berperan sebagai PT pengirim, PT penerima, dan PT Mitra," ujarnya seperti dikutip dari laman UB, Rabu (21/4/2021).

Diikuti mahasiswa aktif semester 5

Dijelaskan, program ini dapat diikuti oleh mahasiswa aktif semester 5, S1 PTN atau PTS non vokasi. Pertukaran mahasiswa dapat dilakukan antar PTN-PTN, antar PTS-PTS, dan antar PTN-PTS, tanpa melihat akreditasi PT, dan boleh dilakukan pada program studi yang sama maupun berbeda.

Adapun kegiatan ini dilakukan selama satu semester dengan sistem alih kredit mata kuliah antar perguruan tinggi setara 20 SKS.

Nantinya, UB akan menawarkan mata kuliah yang menarik atau diunggulkan untuk dipilih.

"Apa saja mata kuliah yang akan ditawarkan, kami masih melakukan koordinasi internal dengan fakultas/prodi dan dosen pengampu mata kuliah, karena memang programnya masih baru disosialisasikan oleh Kemendikbud," jelasnya.

Baca juga: Terbaru, UNS Peringkat 201-300 Dunia Versi THE Impact Ranking 2021

Tentu, tujuan dari program ini ialah mengembangkan softskill mahasiswa agar mampu berbaur dengan beragam latar belakang suku, agama, budaya.

Juga untuk meningkatkan nilai persatuan dan nasionalisme, serta mendapat pengalaman belajar di perguruan tinggi lain.

4 jenis kegiatan

Sedangkan muatan utama Pertukaran Mahasiswa Merdeka meliputi kegiatan akademik dan kegiatan sosial kemasyarakatan melalui “Modul Nusantara” yang terdiri dari 4 jenis kegiatan, yaitu:

1. kebhinekaan

2. inspirasi

3. refleksi

4. kontribusi sosial

Diharapkan, peserta dapat pengalaman kebhinekaan, meningkatkan motivasi, inovasi, dan kreativitas sosial, meningkatkan kemampuan merefleksikan gagasan inspiratif.

Tak hanya itu saja, peserta juga dapat meningkatkan kepedulian melalui kegiatan kontribusi sosial yang berwawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

Baca juga: Beasiswa bagi Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung, Ini Syaratnya

"Yang paling penting, program ini dapat menutupi disparitas pendidikan serta mengurangi kesenjangan antar PT satu dan lainnya, sehingga diharapkan dapat menghasilkan SDM dengan kompetensi yang sama baiknya," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com