Kompas.com - 22/04/2021, 08:00 WIB
Sekretaris Utama LIPI Nur Tri Aries S saat memberi sambutan acara Talk to Scientist bertema 'Talenta Perempuan untuk Kemajuan Riset Indonesia' dalam rangka peringatan Hari Kartini, Rabu (21/4/2021). Tangkap layar Youtube LIPISekretaris Utama LIPI Nur Tri Aries S saat memberi sambutan acara Talk to Scientist bertema 'Talenta Perempuan untuk Kemajuan Riset Indonesia' dalam rangka peringatan Hari Kartini, Rabu (21/4/2021).
|
Editor Dian Ihsan

 

KOMPAS.com - Berkat perjuangan RA Kartini, perempuan zaman sekarang bisa memperoleh hak yang sama dengan kaum pria. Baik dari segi pendidikan maupun karier.

Salah satu profesi yang saat ini bisa menjadi pilihan kaum perempuan yakni sebagai peneliti. Dengan berprofesi sebagai peneliti, perempuan mencerminkan terbukanya kesempatan meraih pendidikan setinggi mungkin.

Namun di sisi lain, peneliti perempuan juga tidak melupakan kodratnya sebagai seorang istri dan ibu yang mengasuk dan mendidik anak mereka.

Hal ini disampaikan Sekretaris Utama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Nur Tri Aries S dalam acara Talk to Scientists 'Talenta Perempuan untuk Kemajuan Riset Indonesia', Rabu (21/4/2021). Acara ini juga diadakan dalam rangka peringatan Hari Kartini.

Baca juga: Segera Dimulai, LTMPT Berikan Tips Persiapan Peserta UTBK Gelombang 2

Mengingat perjuangan Kartini

Menurut Nur Tri Aries, Hari Kartini diperingati perempuan untuk kembali mengingat perjuangan Kartini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Khususnya dalam memperjuangkan hak dan memajukan emansipasi perempuan di Indonesia.

Nur Tri mengatakan, salah satu karakter Kartini yang menginspirasi yaitu ketekunannya. Ketekunan untuk melakukan perubahan dan itu memang tidak mudah.

"Karakter ini sangat relevan untuk kita semua, yang saya yakin menginspirasi pada peringatan Hari Kartini. Khususnya saat mengadapi Covid-19 dan juga menghadapi perubahan apapun termasuk di dunia riset," beber Nur Tri.

Dalam era adaptasi kebiasan baru ini, peran perempuan juga semakin adaptif.

Perempuan bisa meningkatkan peran gandanya, peran multi tasking. Berkiprah untuk rumah tangga, keluarga, pekerjaan dan masyarakat dan untuk pengembangan diri sendiri di dunia kerja.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.