Kompas.com - 16/04/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi MashableIlustrasi

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi melanjutkan program Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (PembaTIK) di tahun 2021.

Kali ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nadiem Makarim menjelaskan ada target 75 ribu guru bisa mengikuti program ini.

"Tahun ini kami menargetkan 75.000 untuk mengikuti program bimbingan teknis (Bimtek) dari program PembaTIK 2021," kata Mendikbud Nadiem Makarim dalam Peluncuran Bimtek PembaTIK secara daring, Kamis, (15/4/ 2021).

Target ini melebih jumlah peserta yang mengikuti PembaTIK pada 2020. Pada tahun lalu peserta PembaTIK mencapai 70.300 guru.

Baca juga: Ini Biaya Kuliah di Universitas Indonesia 2021 Program S1 Reguler

Dengan target yang lebih besar, ia mengatakan para guru yang mengikuti program PembaTIK 2021 akan dihadapkan pada empat level kemampuan ketika pelatihan.

Level pertama adalah literasi Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).Lalu level dua implementasi TIK, level tiga kreasi TIK.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kemudian, Level empat, berbagi dan berkolaborasi menghasilkan materi pembelajaran," sambung Nadiem.

Sementara itu, ia menjelaskan peserta yang lulus empat tahapan program ini akan dipilih menjadi sahabat Rumah Belajar.

Dari sini, mereka akan mengikuti seleksi lagi dan mewakili provinsi masing-masing untuk menjadi duta Rumah Belajar sehingga setiap guru bisa memiliki kemampuan TIK yang baik dan meningkatkan mutu pendidikan Indonesia.

Baca juga: Pendaftaran STAN 2021 Dibuka, Ini Syarat Nilai Minimal UTBK 2021

Nadiem menjelaskan, guru yang memiliki kemampuan memaksimalkan potensi diri dengan memanfaatkan TIK dan memanfaatkan pembelajaran adalah kriteria terpenting guru penggerak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X