Kompas.com - 06/04/2021, 16:37 WIB
Ilustrasi Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Shutterstock/HarismoyoIlustrasi Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) telah menetapkan tarif UKT bagi Mahasiswa Program Sarjana (S1) Reguler tahun 2021. Bagi calon mahasiswa S1 Reguler, bisa memilih antara Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) atau Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOP-P).

Hal tersebut disampaikan UI melalui laman Instagram resmi, Selasa (6/4/2021),"Halo, Calon Mahasiswa Baru Program S1 Reguler UI. Berikut ini adalah mekanisme penetapan biaya pendidikan bagi mahasiswa Program Sarjana Reguler. Bagi mahasiswa S1 Reguler, kalian bisa memilih antara Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) atau Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOP-P). Untuk informasi lebih lanjut hubungi WA 0821-2351-5729."

Meski besaran biaya UKT bisa berbeda, UI menegaskan secara akademis tidak ada perbedaan perlakuan berdasarkan Biaya Pendidikan yang dibayarkan. UI juga menjamin tidak ada mahasiswa yang dikeluarkan dari UI karena Biaya Pendidikan.

Baca juga: 3 Jalur Masuk UI Ini Tawarkan Beasiswa dan Penyesuaian Biaya Kuliah

Program S1 Reguler UI sendiri dapat ditempuh melalui 3 (tiga) jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) dan Jalur Mandiri S1 Reguler yang pelaksanaannya dengan SIMAK UI.

Program S1 Reguler UI terbatas untuk pendaftar lulusan SMA dan sederajat dengan maksimal 3 tahun kelulusan, contoh SBMPTN 2021 dapat diikuti lulusan tahun 2021, 2020 dan 2019.

Besaran biaya UKT UI 2021 dengan "BOP Pilihan"

Seperti dijelaskan, BOP Pilihan adalah mekanisme pembebanan Biaya Pendidikan yang ditentukan sendiri oleh penanggung biaya pendidikan didasarkan pada semangat untuk berpartisipasi dalam pengembangan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas di UI.

Calon mahasiswa batu dapat memilih besaran biaya pendidikan sesuai dengan pilihan yang telah disediakan.

Setelah memilih besaran biaya pendidikan pada BOP Pilihan, mahasiswa dapat langsung melakukan proses pembayaran Biaya Pendidikan.

Baca juga: 10 Politeknik Milik Kemenperin Buka Pendaftaran, Subsidi Biaya Kuliah

Prosedur untuk BOP Pilihan, yaitu:

  1. Registrasi: Calon mahasiswa batu yang diterima, login di website penerimaan.ui.ac.id untuk konfirmasi pilihan biaya pendidikan.
  2. Memilih pembayaran biaya pendidikan: Calon mahasiswa memilih kelas BOP Pilihan sesuai dengan keinginan penanggung biaya pendidikan.
  3. Pengumuman penetapan biaya pendidikan: Pembayaran biaya pendidikan melalui sistem host to host.

Pilihan biaya BOP Pilihan tahun 2021

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X