Kompas.com - 09/03/2021, 13:30 WIB
Memperingati Hari Perempuan Internasional, ada perempuan-perempuan hebat di Indonesia yang  berhasil menjadi rektor di sejumlah perguruan tinggi. Tangkap layar Instagram Ditjen DiktiMemperingati Hari Perempuan Internasional, ada perempuan-perempuan hebat di Indonesia yang berhasil menjadi rektor di sejumlah perguruan tinggi.

KOMPAS.com - Jauh sebelum ada generasi milenial, RA Kartini berjuang untuk menyamakan hak antara kaum wanita dengan kaum laki-laki. Salah satunya dalam hal pendidikan. Ia berusaha mengajarkan cara membaca dan menulis bagi kaum wanita dari usia anak-anak hingga dewasa.

Meski banyak ditentang, RA Kartini tetap gigih memajukan bangsanya, khususnya kaum perempuan.

Saat ini, perjuangan RA Kartini terlihat nyata. Banyak kalangan perempuan yang sukses di berbagai bidang dan bisa menjadi seorang pemimpin. Nah karena Hari Perempuan Internasional baru saja diperingati 8 Maret kemarin, tak ada salahnya kita mengenal perempuan-perempuan hebat yang menjabat sebagai Rektor di sejumlah perguruan tinggi.

Baca juga: Para Perempuan Indonesia yang Diakui Dunia di Bidang STEM

Seperti yang ditulis di akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi:

"Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional, yuk kenali perempuan-perempuan Indonesia yang berhasil menduduki kursi tertinggi di perguruan tinggi di Indonesia."

1. Prof. Tian Belawati

Prof. Tian merupakan Rektor di Universitas Terbuka untuk periode 2013-2017. Beliau telah memulai karier di Universitas Terbuka sejak tahun 1985.

2. Prof. Dwikorita Karnawati

Prof. Dwikorita resmi dilantik menjadi Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada masa bakti 2014-2017. Saat ini beliau menjabat sebagai Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Baca juga: Apa itu Love Scam dan Upaya Pencegahannya? Begini Kata Dosen UGM

3. Prof. Ellen Joan Kumaat

Prof. Ellen menjabat sebagai Rektor Universitas Sam Ratulangi pada periode 2014-2018. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi periode 2006-2010.

4. Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu

Prof. Dwia merupakan Rektor perempuan pertama Universitas Hasanuddin (Unhas) yang mulai menjabat pada 2014 hingga sekarang. Sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai menjabat sebagai Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Pengembangan dan Kerjasama. 

5. Prof. Rina Indiastuti

Prof. Rina merupakan Rektor Universitas Padjadjaran periode 2019-2024. Sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X