Kompas.com - 15/02/2021, 11:13 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim saat mengunjungi SMK swasta Pelayaran Ampari, Sorong. DOK. KemendikbudMendikbud Nadiem Makarim saat mengunjungi SMK swasta Pelayaran Ampari, Sorong.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Mendikbud Nadiem Makarim berkunjung ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta Pelayaran Ampari, Sorong, Papua Barat.

Saat berkujung ke sana, Nadiem mengaku link and match antara pendidikan vokasi dan industri tidak boleh berhenti.

Baca juga: Mendikbud: Perlu Inovasi demi Lestarikan Seni dan Budaya Papua Barat

Industri, kata Nadiem, juga harus menyerap lulusan SMK. Demi memuluskan langkah itu, perlu adanya dorongan dan bimbingan dari perguruan tinggi.

"Ini penting, karena SMK kerap kali kesulitan mencari mitra industri. Universitas yang bina SMK akan mudah menemukan mitra dengan industri," ucap Nadiem melansir laman Kemendikbud, Senin (15/2/2021).

Jangan sampai, bilang Nadiem, kemitraan SMK dengan industri hanya sebatas penandatanganan kerjasama saja.

Tak lupa, Mendikbud juga menekankan pentingnya asesmen nasional (AN) yang akan digelar tahun ini.

Nadiem menyatakan, AN diharapkan dapat mendorong kemampuan literasi dan numerasi para siswa SMK.

"Kemampuan berbicara yang lugas, memecahkan masalah, dan kecakapan numerasi bisa dibilang sangat penting dimiliki lulusan SMK jika ingin terserap di dunia kerja," ucap Mendikbud.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto menjelaskan, lulusan SMK dituntut tidak hanya mengusai keahlian yang bersifat teknis atau hard skill.

Namun juga dituntut soft skill seperti kedisiplinan, sikap, dan karakter.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X