Kompas.com - 28/01/2021, 21:17 WIB
Muryanto resmi dilantik DOK.instagram USUMuryanto resmi dilantik

KOMPAS.com - Kasus plagiarisme yang menjegal Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Muryanto Amin tak menghentikan langkahnya untuk dilantik.

Muryanto sendiri resmi dilantik sebagai Rektor USU Periode 2021-2026. Dia menggantikan Runtung Sitepu yang telah berakhir masa jabatannya.

Pelantikannya dilakukan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) USU di Jakarta, Kamis (28/1/2021). Sebelumnya, Muryanto menjabat Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USU.

"Pelantikan Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si., sebagai Rektor Universitas Sumatera Utara Periode 2021-2026 oleh MWA USU di Jakarta," demikian tulis akun Instagram resmi USU, @official.usu.

Pelantikan sendiri, baru dilakukan setelah polemik self-plagiarism yang diduga dilakukan Muryanto.

Baca juga: Simak Kiat Sukses Masuk PTN dari Ketua Majelis Rektor

Muryanto sebelumnya dilaporkan atas tudingan self-plagiarism setelah terpilih sebagai Rektor USU terpilih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak ada kesalahan plagiat

Muryanto sempat dinyatakan melakukan plagiat atas karyanya sendiri yang berjudul 'A New Patronage Network of Pemuda Pancasila in Governor Election of North Sumatera' yang dipublikasikan pada jurnal 'Man in India'.

Karya itu dinilai plagiat dari karya Muryanto sendiri yang dalam bahasa Indonesia berjudul 'Relasi Jaringan Organisasi Pemuda dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Utara'.

Hingga akhirnya, polemik ini berakhir setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan tak ada self-plagiarism atau plagiat diri sendiri atau Kemendikbud menyatakan tak ada kesalahan yang dilakukan Muryanto terkait karyanya tersebut. Pelantikan kemudian tetap dilakukan.

Sebab, dalam Permendikbud Nomor 17 Tahun 2010 didefinisikan jika plagiarisme itu dilakukan seseorang yang mengambil karya orang lain. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.