Dirjen Diksi: Jangan Takut Pilih Jurusan Kuliah yang Tak Favorit

Kompas.com - 28/01/2021, 16:41 WIB
Ilustrasi mahasiswa kembali mengikuti perkuliahan secara tatap muka. DOK. PEXELSIlustrasi mahasiswa kembali mengikuti perkuliahan secara tatap muka.

KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Wikan Sakarinto menilai ada tiga poin utama dalam memilih jalur pendidikan yang sesuai.

Wikan menyebut, calon mahasiswa jangan takut untuk memilih bidang yang menurut orang tidak favorit, tidak ada program studi (prodi) favorit ataupun tidak favorit.

"Jangan takut untuk memilih bidang yang menurut orang tidak favorit, tidak ada prodi favorit ataupun tidak favorit,” jelas Wikan pada peringatan Dies Natalis Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi), seperti dilansir dari laman Kemendikbud, Kamis (28/1/2021).

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

Ia menilai, yang tidak favorit adalah ketika calon mahasiswa masuk prodi yang tidak sesuai dengan passion, goals, dan tidak memiliki visi dalam prodi tersebut

Karena itu, ia menyebut tiga poin utama dalam memilih jalur pendidikan yang sesuai, yaitu passion, goal, dan pahami pilihan.

Peran orangtua sangat besar

Wikan menyebut, peran orang tua sangatlah penting dalam pengembangan minat dan bakat peserta didik.

Selain bertanggung jawab dalam mendidik, orang tua juga berperan dalam anaknya untuk dapat menentukan minat dan bakat yang sesuai.

Baca juga: 100 Kampus Negeri dan Swasta Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Pendapat tersebut juga diamini oleh content creator asal Indonesia Gita Savitri. Ia mengatakan, solusi yang tepat dalam pemilihan jalur pendidikan adalah komunikasi yang baik antara orang tua dan anak.

“Orang tua harus melihat anaknya bukan sebagai orang yang dapat mereka kontrol atau melakukan apa yang mereka inginkan,” katanya.

Voice over talent Bimo Kusumo Yudo pada kesempatan yang sama menambahkan, peran orang tua sangat penting dalam memberikan support terhadap minat dan bakat yang dimiliki oleh sang anak. Dengan catatan, orang tua juga mengerti apa goals dari anak mereka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X