Praktik Baik Pendidikan, Memindahkan Pojok Baca dari Sekolah ke Rumah

Kompas.com - 21/01/2021, 17:54 WIB
Ibu Sampurna, guru SDN 005 Kuala Tungkal, Jambi berhasil mendorong siswanya membuat pojok baca di rumah masing-masing siswa. DOK. TANOTO FOUNDATIONIbu Sampurna, guru SDN 005 Kuala Tungkal, Jambi berhasil mendorong siswanya membuat pojok baca di rumah masing-masing siswa.

KOMPAS.com - Mendorong siswa memiliki kebiasaan membaca itu butuh kreativitas. Guru bisa meminta siswa mengerjakan proyek kecil-kecilan di rumah.

“Ide awalnya siswa bisa membaca di mana saja dan kapan saja, termasuk membaca buku saat berada di rumah,” ujar Sampurna, guru SDN 005 Kuala Tungkal, Tanjung Jabung, Jambi.

Pandemi membuat guru dan siswa belajar dari rumah dan mendorong guru untuk melakukan banyak kreativitas, salah satunya adalah membuat pojok baca di rumah siswa.

“Selain untuk menanamkan budaya baca masih tetap terjaga, juga mendorong siswa melatih kreativitas dalam menata pojok baca di rumah,” ujar guru yang juga fasilitator Tanoto Foundation, Rabu (20/1/2021).

Setiap siswa mendesain sendiri karya pojok bacanya, yang terpenting letak buku dapat terjangkau anggota keluarga lainnya ketika mau membaca.

Menariknya, selain menaruh buku, setiap siswa yang telah membaca buku membuat resume dan dimasukkan ke dalam kotak tabungan ilmu.

“Saya ingin siswa memanfaatkan ruang kosong di rumah dengan membuat mading sekolah, tempat siswa membaca,” ujarnya.

Menurut Sampurna, pojok baca di rumah selama pandemi membuat siswa semakin dekat dan mencintai buku.

“Pandemi membuat siswa belajar dari rumah, jangan sampai budaya baca menurun, saya dorong mereka tetap baca buku dari rumah, makanya tercetuslah ide membuat pojok baca di rumah,” imbuhnya.

Baca juga: Sadar Bahaya Gawai bagi Anak-anak, Kominfo Tekankan Pentingnya Literasi Digital

Manfaat pojok baca di rumah

Masa pandemi membuat sulit dalam mengaktualisasikan pendidikan, salah satunya pojok baca.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X