Program Seleksi 1 Juta Guru PPPK Didukung Penuh Pemda

Kompas.com - 19/01/2021, 19:27 WIB
Salah satu guru honorer, Aris Wijayanto, sedang mengajar di SD Negeri Karangsari, Semin, Gunungkidul. Aris Wijayanto untuk Kompas.comSalah satu guru honorer, Aris Wijayanto, sedang mengajar di SD Negeri Karangsari, Semin, Gunungkidul.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Program rekrutmen guru lewat skema pegawai pemerintahan dengan perjanjian kerja (PPPK) memperoleh banyak dukungan dari pemerintah daerah ( Pemda).

Program ini dinilai mampu memperjelas status guru sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan mendorong kesejahteraan para guru honorer.

Baca juga: Puluhan Tahun Mengabdi, DPR: Guru Honorer Perlu Diangkat Jadi PPPK

Inisatif ini juga mendukung kebijakan Pemda dalam meningkatkan kualitas pendidikan di masing-masing wilayah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengatakan, dirinya sangat mendukung sekali program Pemerintah dalam merekrut guru PPPK.

Saat ini kebutuhan guru di Kota Semarang juga sudah dipenuhi dengan guru honorer melalui seleksi yang baik dan ketat dalam kemampuan bidang, wawasan kebangsaan, dan psikologi dengan standar gaji UMK plus.

Akhir tahun 2020, Kemenpan RB, Kemendikbud dan BKN mengundang BKPP dan Disdik untuk rekonsiliasi data kekurangan guru.

"Di Semarang tidak alami kendala, karena seleksi guru PPPK harus yang terdaftar di Dapodik," ungkap dia dalam keterangannya, Selasa (19/1/2021).

Program rekrutmen guru melalui PPPK membuka kesempatan bagi guru honorer untuk dapat mengikuti seleksi guru di 2021.

Baca juga: Dapat Porsi Sedikit, Menag Minta Tambah Kuota PPPK

Data Kemendikbud mencatat lebih dari 700 ribu guru yang berstatus honorer yang kesejahteraannya jauh berada di bawah standar.

Seleksi dibuka berdasarkan Dapodik Kemendikbud yang memperkirakan kebutuhan guru di sekolah negeri mencapai satu juta guru, di luar guru PNS yang saat ini mengajar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X