Siswa, Pahami Arti Efikasi Vaksin Sinovac 65,3 Persen

Kompas.com - 16/01/2021, 16:57 WIB
Tenaga kesehatan menunjukkan vaksin Sinovac Covid-19 saat pelaksanaan vaksin untuk tenaga medis di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis (14/1/20210). Vaksinasi tahap awal akan menargetkan 1,48 juta tenaga kesehatan yang dijadwalkan berlangsung dari Januari hingga Februari 2021. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOTenaga kesehatan menunjukkan vaksin Sinovac Covid-19 saat pelaksanaan vaksin untuk tenaga medis di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis (14/1/20210). Vaksinasi tahap awal akan menargetkan 1,48 juta tenaga kesehatan yang dijadwalkan berlangsung dari Januari hingga Februari 2021.
|

KOMPAS.com - Beberapa hari yang lalu, Presiden Joko Widodo ( Jokowi) telah divaksin Covid-19. Adapun vaksinnya ialah vaksin Sinovac.

Perlu diketahui, vaksin Sinovac telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM RI dengan efikasi hasil uji klinis fase 3 di Bandung sebesar 65,3 persen.

Hasil uji klinis tersebut sudah melewati persyaratan WHO, dimana minimal efikasi vaksin adalah 50 persen.

Efikasi vaksin yang didapatkan menunjukkan harapan untuk menurunkan kejadian suatu penyakit (dalam hal ini Covid-19).

Baca juga: Siswa DKI Jakarta, Perhatikan 10 Hal Ini Selama PSBB

Lantas, sebenarnya apa itu efikasi vaksin Sinovac 65,3 persen? Melansir akun Instagram Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, Sabtu (16/1/2021), ini informasi yang harus dipahami oleh siswa.

Efikasi vaksin merupakan besarnya kemampuan vaksin untuk mencegah penyakit dan menekan penularan pada individu di kondisi ideal dan terkontrol.

Tentu dengan melihat hasil uji klinis vaksin di laboratorium yang dilakukan kepada populasi dalam jumlah terbatas.

Sedangkan efikasi vaksin sebesar 65,3 persen menunjukkan harapan bahwa vaksin mampu menurunkan kejadian suatu penyakit (dalam hal ini Covid-19) hingga 65,3 persen.

Hasil tersebut sudah sesuai dengan persyaratan WHO dimana minimal efikasi vaksin adalah 50 persen.

Tak hanya itu saja, efikasi juga biasa disebut dengan khasiat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X