Intip 20 Jurusan Kuliah IPS Paling Diminati di SMNPTN 2020

Kompas.com - 16/01/2021, 10:26 WIB
Jadwal dan Syarat Pendaftaran SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2021 Dok. LTMPTJadwal dan Syarat Pendaftaran SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2021
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) 2021 kini sedang berlangsung. Meski pendaftarannya akan dilakukan di 15-24 Februari 2021.

Pemilihan jurusan di SNMPTN 2021 dengan tahun sebelumnya memiliki perbedaan.

Baca juga: 5 Prodi Saintek dan Soshum Unpad Paling Diminati di SNMPTN 2020

Di tahun ini, siswa bisa memilih dua jurusan di satu atau dua PTN. Hanya saja, salah satu perguruan tinggi harus berlokasi sama sesuai tempat tinggal.

Itu bisa diartikan, calon mahasiswa harus memilih satu dari dua jurusan ditempat SMA/MA/SMK asalnya.

Jika memilih satu jurusan, maka maka peserta dapat memilih PTN yang berada di provinsi manapun.

Ketua Pelaksana LTMPT Budi P Widyobroto pernah menyarankan, bagi calon mahasiswa yang mengikuti SNMPTN 2021, agar memilih jurusan yang benar-benar disenangi.

"Kalau senangnya satu ya satu saja, kalau dua senang, ya pilih dua, jangan sampai bila sudah diterima tidak dipakai," jelas Budi, seperti ditulis Sabtu (16/1/2021).

Keketatan persaingan merupakan perbandingan antara persentase peserta yang diterima dengan jumlah pendaftar. Jadi semakin kecil persentase, maka persaingannya semakin ketat.

Berikut 20 jurusan IPS dengan daya minat tinggi di SNMPTN 2020, berdasarkan data dari LTMPT:

1. Manajemen, Universitas Negeri Jakarta

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X