Siswa Indonesia Raih "Perfect Score" di Olimpiade Kazakhstan

Kompas.com - 15/01/2021, 13:54 WIB
Stanve Avrilium Widjaja (Indonesia) meraih medali emas dan nilai sempurna bidang matematika. DOK.SimetriStanve Avrilium Widjaja (Indonesia) meraih medali emas dan nilai sempurna bidang matematika.
|

KOMPAS.com - Meski dunia sedang dilanda pandemi Covid-19, tetapi beberapa kejuaraan internasional tetap digelar. Indonesia juga tetap berpartisipasi.

Seperti halnya dalam ajang Internasional Zhautykov Olympiad (IZhO) ke-17 yang dilaksanakan secara daring pada 7-13 Januari 2021 di Kazakhstan.

Adapun ajang IZhO ini dipertandingkan bidang Matematika, Fisika, dan Ilmu Komputer. Indonesia sendiri bahkan meraih nilai sempurna (perfect score).

Baca juga: Arti Bhinneka Tunggal Ika, Mata Pelajaran Siswa SMP

Tim yang diseleksi dan dibina oleh Yayasan Sinergi Mencerdaskan Tunas Negeri ( Simetri) bahkan ada yang berhasil meraih nilai sempurna. Untuk prestasinya ialah meraih:

  • 3 buah medali emas
  • 3 medali perak
  • 2 medali perunggu

Menurut Pendiri Yayasan Simetri, Hendra Kwee, Ph.D., ada sebanyak 421 siswa Matematika dan 290 siswa Fisika, 295 siswa Ilmu Komputer dari berbagai negara.

Seperti Armenia, Azerbaijan, Belarus, Bulgaria, Denmark, Georgia, India, Indonesia, Iran, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Mongolia, Romania, Russia, Serbia, Tajikistan, Turkey, Turkmenistan, Ukraine, dan Uzbekistan.

Pada IZhO 2021, ini adalah pencapaian tertinggi tim Indonesia dalam kancah Olimpiade Zhautykov," ujar Hendra dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (15/1/2021).

Dikatakan, kegiatan inti lomba berlangsung selama 2 hari. Di bidang Matematika para siswa mengerjakan 6 soal Matematika dalam total waktu 9 jam.

Soal hari pertama adalah tentang teori bilangan, geometri, dan kombinatorika. Soal hari kedua adalah tentang pertidaksamaan dalam geometri, kombinatorika, dan aljabar.

Di bidang fisika, siswa mengerjakan 3 soal teori dan 1 soal simulasi. Soal teori terdiri dari osilasi fluida, tegangan permukaan, rangkaian LC, fisika plasma dan pandu gelombang optik. Soal simulasi mengenai osilasi bandul dengan simpangan besar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X