Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LTMPT: Begini Cara Mudah Akses PDSS SNMPTN 2021

Kompas.com - 15/01/2021, 08:19 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi yang masih bingung dengan cara pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), maka Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan memberikan tips.

Melalui akun resmi Instagramnya LTMPT, diinformasikan bahwa Pengisian PDSS dimulai pada Senin 11 Januari 2021 mulai pukul 15.00 WIB.

Tentu, informasi ini bagi sekolah yang ingin memasukkan siswanya ikut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Baca juga: Cara Registrasi Akun LTMPT pada SNMPTN 2021

Berikut ini cara mudah akses PDSS:

1. Login sekolah

  • Sekolah yang bisa login hanya sekolah yang sudah terdaftar di Portal LTMPT.

2. Buka laman web

Sedangkan untuk panduan penetapan siswa eligible bagi sekolah tahun 2021 dapat dilihat pada tautan ini, https://www.ltmpt.ac.id/?mid=11

Pastikan sebelum Finalisasi Data PDSS, Kurikulum, Jenis Studi Siswa, maupun Nilai dan Status Khusus Siswa adalah data yang diisikan secara Benar dan Disetujui.

Sekolah yang sudah Finalisasi Data Kurikulum dan Finalisasi Data Nilai Tidak Dapat Mengubah Data Lagi.

"Ingat, pengisian PDSS ditutup pada 08 Februari 2021, pukul 15.00 WIB," tulis LTMPT dalam akun Instagramnya, Kamis (14/1/2021).

Atau bisa dengan mencoba tahapan pengisian PDSS 2021 ini:

1. Login di https://pdss.ltmpt.ac.id menggunakan akun terdaftar di portal LTMPT.

2. Pastikan telah menyelesaikan tahapan Penetapan Siswa Eligible. Jika belum, ikuti panduan di https://www.ltmpt.ac.id/ atau dapat melalui tautan berikut https://www.ltmpt.ac.id/?mid=11

3. Mengisikan jenis studi per Siswa per Jurusan.

4. Definisi kurikulum setiap semester dengan total semester yang harus ditempuh dikurangi 1 semester yang sedang berjalan.

5. Definisikan mata pelajaran setiap semester.

6. Lakukan finalisasi data kurikulum. Setelah melakukan finalisasi, sekolah sudah tidak bisa lagi mengubah jenis studi siswa maupun kurikulum dan mata pelajaran. Pastikan data sudah benar dalam pengisian sebelum melakukan finalisasi.

7. Isikan nilai per siswa per semester dengan mata pelajaran yang telah didefinisikan. Bisa melakukan pengisian dengan cara per siswa maupun secara bulk upload.

Baca juga: SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 Diluncurkan, Ini Info Terbaru LTMPT

8. Lakukan finalisasi data nilai. Pastikan pengisian sudah benar sebelum melakukan finalisasi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com