4 Tempat Jokowi Mengenyam Pendidikan

Kompas.com - 16/01/2021, 16:35 WIB
Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/1/2021). Biro Pers Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/1/2021).
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Joko Widodo ( Jokowi) merupakan anak dari pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi. Dia merupakan anak sulung dari empat bersaudara.

Tak disangka, pria yang lahir di Surakarta 59 tahun silam ini telah menjadi Presiden Republik Indonesia untuk dua periode, yakni 2014-2019 dan 2019-2024.

Baca juga: Jokowi Minta ITS Jadi Garda Depan Pengembangan Teknologi dan Sains

Banyak lika-liku kehidupan yang pernah dijalani Jokowi saat masih kecil.

Namun, dia tetap bertahan dengan cara berdagang, mengojek payung, hingga menjadi kuli panggul untuk mencari uang keperluan sekolah dan jajan sehari-hari.

Demi menjadi orang sukses, bahkan menjadi orang nomor satu di Indonesia, Jokowi sangat sungguh dan menekuni di dunia pendidikan.

Berdasarkan rangkuman Kompas.com, Sabtu (16/1/2020), pendidikan Jokowi mulai dari Sekolah Dasar ( SD) hingga Sekolah Menengah Atas ( SMA) atas berada di Solo. Kemudian lanjutkan kuliah di Yogyakarta.

Pendidikan SD

Saat mengenyam pendidikan dasar di 1973, Jokowi bersekolah di SD Negeri 112 Tirtoyoso. Letak sekolah itu daerah Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Sekolah SD Jokowi dikenal untuk kalangan menengah ke bawah.

Keterbatasan saat SD, Jokowi tak pernah menyerah. Dia terus berdagang hingga mencari uang keperluan sekolah dan uang jajan sehari-hari.

Bahkan, saat teman SD pergi ke sekolah dengan sepeda, Jokowi memilih untuk tetap berjalan kaki.

Baca juga: Jokowi: Indonesia Butuh Talenta Lulusan UGM

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X