Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Indonesia Butuh Talenta Lulusan UGM

Kompas.com - 20/12/2020, 07:04 WIB
Dian Ihsan,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Universitas Gadjah Mada (UGM) dapat meningkatkan kontribusi untuk pembangunan Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat acara puncak peringatan Dies Natalis ke-71 UGM yang disiarkan secara daring, seperti melansir laman UGM, Sabtu (19/12/2020).

Baca juga: Hasil Tes Swab Positif, Perlukah Tes Ulang? Ini Kata Pakar UGM

"Saya yakin pandemi Covid-19 tidak menyurutkan kegigihan UGM untuk berprestasi, tetapi justru mendorong inovasi di berbagai bidang," ungkap Jokowi.

Presiden Jokowi turut berbangga dengan capaian UGM yang terus meningkat dalam QS World University yang menempati rangking 254 besar dunia tahun 2021.

Sementara di tingkat Asia menempati peringkat 57 dan menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Menurut dia, ranking tersebut penting bagi reputasi UGM di mata pendidikan tinggi dunia. Kendati begitu, kontribusi UGM secara langsung ke masyarakat sangat dinantikan untuk kemajuan bangsa.

"Masyarakat Indonesia mengharapkan kontribusi UGM lebih dari itu. Indonesia berharap UGM untuk lebih kontributif untuk pembangunan Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan," jelas dia.

UGM harus perhatikan masyarakat terdampak Covid-19

Dia mengaku, pandemi Covid-19 mengakibatkan krisis kesehatan dan perekonomian, dampak pandemi pada masyarakat harus menjadi perhatian serius seluruh elemen bangsa, tak terkecuali UGM.

Sebagai perguruan tinggi yang selalu memegang teguh Pancasila dan jiwa kerakyatan, inovasi dan kreasi sivitas UGM untuk kepentingan rakyat menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat di tanah air.

Indonesia, sambung dia, membutuhkan talenta-talenta lulusan UGM berkarakter kebangsaan yang kuat, selalu berinovasi dan kompetitif, serta mampu memenangkan dunia yang penuh dengan disrupsi dan ketidakpastian.

Masyarakat Indonesia sangat menantikan dampak dari produk-produk UGM yang dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan terkait pangan, energi berkelanjutan dan lainnya.

Baca juga: 10 Kampus Terhijau di Indonesia, UGM Peringkat Berapa?

"Saya bangga jadi alumi UGM dan bangga ikut merayakan Ulang Tahun ke-71 UGM. Dirgahayu UGM, selamat berinovasi mencetak talenta inovatif serta mengembangkan Iptek untuk kemajuan bangsa," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com