Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta ITS Jadi Garda Depan Pengembangan Teknologi dan Sains

Kompas.com - 15/11/2020, 17:51 WIB
Dian Ihsan,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bisa menjadi garda terdepan dalam mengembangkan teknologi dan sains. Presiden percaya banyak talenta hebat dan teknologi maju yang dihasilkan oleh ITS untuk negeri tercinta ini.

"Saya sebut saja sebagian, Gesits sepeda motor listrik nasional, desain kapal ferry untuk angkutan penyeberangan ASDP, desain interior dan body LRT di Jakarta dan Palembang hasil kerja sama INKA, termasuk robot Raisa," kata Jokowi saat acara perayaan Dies Natalis ITS yang ke-60, melansir laman ITS, Rabu (11/11/2020).

Baca juga: Presiden Jokowi: Indonesia Butuh Lebih Banyak Inovator

Jokowi juga menyampaikan selamat kepada ITS yang merayakan hari jadinya ke-60. Dia berpesan, selamat berkreasi mengembangkan teknologi untuk kemajuan negeri.

Sejalan dengan apa yang disampaikan Jokowi, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi juga mengatakan, tantangan besar bagi ITS dalam mewujudkan teknologi masa depan untuk membangun kemakmuran bangsa, khususnya dalam bidang transportasi.

Menurut Budi, sektor transportasi memiliki peranan yang fundamental dalam pembangunan nasional. Selain sebagai alat mobilitas, transportasi berperan penting dalam kemakmuran bangsa Indonesia.

"Salah satunya dengan dibangunnya infrastruktur transportasi yang mendukung konektivitas mulai dari perkotaan, pedesaan, daerah tertinggal, dan terluar di Indonesia," tutur pria yang sempat menjadi orang nomor satu di PT Angkasa Pura II (Persero).

Budi menegaskan, tantangan yang besar ini adalah bagaimana mewujudkan transportasi berkelanjutan, berkesinambungan, dan dapat mengintegrasikan antarmoda. Hal itu tentu perlu didukung Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas tinggi.

Untuk itu, sambung dia, inovasi dan konsep berkelanjutan dalam penggunaan teknologi perlu untuk dikembangkan. Hal ini semata-mata untuk memfasilitasi semua kalangan masyarakat, agar dapat menikmati hasil dalam jangka panjang dan diharapkan kemakmuran bangsa dapat terwujud.

Memang, bilang dia, ITS sedang mempersiapkan diri dengan baik untuk teknologi masa depan. Hal ini dibuktikan dengan prestasi ITS yang banyak menjuarai kompetisi robot dan mobil berbahan bakar energi terbarukan yang merupakan kebanggaan Indonesia.

Mewakili Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi menekankan, bahwa dirinya selalu membuka diri untuk bekerjasama demi bangsa di Indonesia di masa mendatang.

Menanggapi Jokowi dan Budi, Rektor ITS Mochamad Ashari menyatakan, ITS sudah menghasilkan beberapa inovasi teknologi untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Kulit Mangga Antar ITS Raih Medali Emas di Korea

"Teknologi itu juga untuk kemakmuran bangsa dan bermanfaat besar bagi masyarakat," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com