7 Jurusan Kuliah Ini Cocok untuk Lulusan SMK

Kompas.com - 12/11/2020, 11:21 WIB
Siswa SMK terpilih yang menerima bantuan sertifikasi internasional kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC dari Direktorat SMK Kemendikbud. DOK. KemendikbudSiswa SMK terpilih yang menerima bantuan sertifikasi internasional kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC dari Direktorat SMK Kemendikbud.

KOMPAS.com - Biasanya lulusan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) diprioritaskan agar bisa terjun langsung ke dunia kerja. Namun, anggapan itu bisa saja benar atau bisa juga tidak.

Mengapa demikian? Karena saat ini banyak sekali anak lulusan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku perguruan tinggi. Alasannya, sangat bermacam-macam, tapi kebanyakan mereka mengaku ingin memperdalam ilmu yang sudah diperoleh dari bangku SMK.

Baca juga: Dirjen Pendidikan Vokasi Ingin Siswa SMK Bisa Belajar di Eropa

Melansir laman maukuliah.id, Rabu (11/11/2020), menyebutkan bahwa ada 7 jurusan yang bisa dipiliih bagi lulusan SMK bila ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Jadi, mari disimak dengan jelas, apa saja jurusan kuliah yang bisa diambil.

1. Jurusan Broadcasting

Jurusan broadcasting merupakan salah satu pilihan idola bagi para siswa lulusan SMK ketika ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Hal itu dikarenakan banyaknya perusahaan telekomunikasi dan media massa yang berdiri saat ini, sehingga bisa mencari pekerjaan dengan cepat ketika lulus dari bangku kuliah.

Waktu di SMK, ilmu broadcasting juga pernah dipraktikkan. Maka akan mudah melanjutkan ilmu tersebut di bangku perguruan tinggi. Paling tidak ada tiga universitas yang bisa direkomendasikan untuk mengenyam ilmu broadcasting, yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran (Unpad), dan Universitas Mercu Buana.

2. Jurusan Teknik Otomotif

Bagi lulusan SMK teknik otomotif, pastinya sudah tidak sulit ketika ingin melanjutkan bangku kuliah di perguruan tinggi dengan mengambil jurusan teknik otomotif. Jurusan ini cukup menjanjikan, karena memang dunia industri banyak yang mencari dari lulusan ini.

Jadi, bagi kalian yang ingin melanjutkan ke teknik otomotif, ada dua perguruan tinggi yang bisa dipilih, yakni Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

3. Jurusan Teknik Elektronika

Jurusan teknik elektronika juga menjadi salah satu jurusan favorit lulusan anak SMK ketika ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Selama tiga tahun di SMK mendalami teknik elektronika, pastinya sudah siap dan mampu ingin melanjutkan studinya di perguruan tinggi.

Adapun jurusan ini cukup cerah di masa yang mendatang, karena banyak industri dan perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli dari jurusan teknik elektronika. Di Indonesia, ada beberapa perguruan tinggi yang bagus dalam menawarkan jurusan teknik elektronika, yakni UI, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan beberapa Politeknik Negeri di Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X