Kompas.com - 12/01/2021, 10:21 WIB
Ilustrasi anak belajar dari rumah. (DOK. SHUTTERSTOCK) Ilustrasi anak belajar dari rumah. (DOK. SHUTTERSTOCK)
|

KOMPAS.com - Hampir setahun, siswa sekolah masih mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau pembelajaran daring. Karena belajar dari rumah (BDR), tentu orang tua menjadi guru bagi anaknya.

Mau tidak mau, orang tua harus menggantikan peran guru sekolah untuk menjadi guru di rumah. Meski di tengah kesibukan, orang tua harus semangat mendampingi anaknya ikut BDR.

Sangat tidak mudah ya? Bahkan tidak terbayang sebelumnya bakal mendampingi anak-anak selama "24 jam, 7 hari dalam seminggu".

Namun yang tidak kita sadari, momen langka ini akan sangat bermanfaat baik bagi orang tua maupun anak-anak itu sendiri.

Baca juga: 5 Cara Melatih Anak Generasi Abad 21 Berpikir Kritis

Dan pastikan momen langka ini terjalin harmonis agar anak-anak mengingat kita dengan kenangan manis dalam perjalanan kesuksesannya.

Jadi, bagi orang tua sebaiknya jangan emosi saat mendamping anak Belajar dari Rumah selama masa pandemi Covid-19.

Melansir laman Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud, Selasa (12/1/2021), berikut ini manfaat dampingi anak Belajar dari Rumah:

1. Mampu dekatkan jalinan hati

Karena pandemi ini, orangtua jadi punya lebih banyak waktu untuk menjalin komunikasi dan mendekatkan hati dengan anak-anak.

Kita jadi lebih mengenal hal-hal yang membuat motivasi belajarnya meningkat atau yang menjadikannya terpuruk.

Percayalah, kehadiran orangtua dalam belajar anak, akan menimbulkan kepercayaan diri sehingga menumbuhkan semangat untuk belajar jadi lebih tinggi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X