UI Buka 9 Prodi Baru di 2021, Ini Info dan Jadwal Pendaftarannya

Kompas.com - 12/01/2021, 05:07 WIB
Kain merah putih raksasa membentang di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Pemasangan kain merah putih tersebut dilakukan oleh delapan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala UI. Dok. UIKain merah putih raksasa membentang di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Pemasangan kain merah putih tersebut dilakukan oleh delapan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala UI.
|

KOMPAS.com - Bagi yang ingin kuliah di PTN, maka siswa kelas 12 SLTA harus mempersiapkan diri dengan baik. Sebab, ada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Atau bisa pula melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, dan terakhir ialah jalur Seleksi Mandiri

Khusus yang ingin kuliah di Universitas Indonesia ( UI). Maka harus paham mengenai kampus tersebut. Apalagi, di 2021 ini UI membuka 9 program studi baru.

Baca juga: Pengisian PDSS SNMPTN 2021 Dimulai Sore Ini, Simak Tahapannya

Prodi baru itu untuk jurusan D4 dan S1 paralel. Apa saja prodi baru di UI tersebut? Merangkum laman Rencanamu.id, Senin (11/1/2021), ini prodinya:

S1 Paralel

1. Teknik Perkapalan

2. Arsitektur Interior

3. Teknik Komputer

Adapun ketiga prodi tersebut sudah ada di UI, namun versi S1 reguler. Dari sisi materi studi dan proses perkuliahan, tidak ada perbedaan antara S1 reguler dan S1 paralel.

Ini yang membedakan:

  • Proses seleksinya, S1 reguler UI ada jalur SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK (Seleksi Mandiri). Sedangkan S1 paralel hanya dengan SIMAK dan PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar).
  • Usia S1 paralel lebih fleksibel. Untuk prodi S1 tahun 2021 harus lulusan SMA/sederajat tahun 2021, 2020 atau 2019.
  • Biaya kuliah S1 paralel di UI relatif lebih tinggi dibandingkan S1 reguler.

D4

1. Fisioterapi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X