Kompas.com - 06/01/2021, 07:05 WIB
Ilustrasi belajar daring (online) dari rumah. PexelsIlustrasi belajar daring (online) dari rumah.

KOMPAS.com - Plt. Sekjen Kemendikbud, Ainun Na'im mengatakan, kuota gratis internet akan dibagikan kembali kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen di 2021.

Namun, pembagian yang diberikan akan mengalami perubahan. Karena, menggunakan skema yang berbeda.

Baca juga: Kemendikbud: Program Kuota Gratis Dilanjutkan di 2021

"Pastinya kita akan berusaha dengan cara yang lebih baik. Sekarang sedang kita rumuskan besaran dan cakupannya seperti apa," ungkap Ainun dalam acara Taklimat Media Awal Tahun 2021 secara daring, Selasa (5/1/2021).

Dia menegaskan, program kuota gratis ini layak dilanjutkan, demi membantu bagi mereka yang mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring atau online di masa pandemi Covid-19.

Bahkan dari hasil evaluasi Kemendikbud, lanjut dia, banyak warga pendidikan yang terbantu, khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu.

"Survei dan evaluasi kami, mereka terbantu dengan adanya kuota gratis, apalagi kuota internet sangat tinggi," terang Ainun.

Plt. Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud, Hasan Chabibie telah mengaku, bantuan kuota gratis akan diteruskan di 2021.

"Ibu Menteri Keuangan (Menkeu) Seri Mulyani juga sudah mention, bahwa bantuan kuota ini akan diteruskan di 2021," ungkap Hasan.

Selain Menkeu, kata Hasan, Presiden Jokowi juga meminta kepada Kemendikbud, agar program bantuan kuota gratis ini dilanjutkan di 2021.

Baca juga: Kemendikbud: Belajar Tatap Muka Bertahap, Bisa Pula Alternatif Ini

Meski begitu, bilang Hasan, terkait teknis kuota gratis di tahun depan masih akan dibahas bersama Mendikbud Nadiem Makarim, Sekjen Kemendikbud Ainun Naim, bersama semua kalangan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X